Muhammadiyah Laksanakan Salat Idul Fitri Jumat Mendatang

Salat-Idul-Fitri3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Ketua Pengurus Wilayah (PW) Provinsi Riau, Hendri Sayuti, menyebut ada 10 tempat pelaksanaan salat Idul Fitri untuk jamaah Muhammadiyah di Kota Pekanbaru.

"Ada ratusan tempat di Riau untuk melangsungkan salat idul fitri. Untuk di Pekanbaru ada 10 tempat yakni masjid dan amal usaha milik Muhammadiyah," kata Hendri kepada RIAU ONLINE, Selasa, 18 April 2023.

Terkait pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan, Hendri mengatakan ada beberapa tempat yang tidak diizinkan untuk menjadi tempat pelaksanaan salat bagi jamaah Muhammadiyah.

"Pemda tertentu tidak mengizinkan karena besok lusanya Sabtu dipakai. Sehingga, pada Jumat itu persiapan," katanya.


Kemungkinan ada perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri, Hendri mengatakan rakyat Indonesia memiliki kebebasan untuk memiliki keyakinan khususnya agama.

Kendati kemungkinan lebih dulu merayakan lebaran, Hendri mengatakan pihaknya tidak akan menggelar open house, karena harus menunggu umat muslim lainnya selesai melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

"Ini tidak ada masalah. Kalau silaturahim tetap. Kita menghormati yang masih puasa dan Muhammadiyah tidak akan show kalau sudah berbuka puasa. Jadi Sabtu open house-nya," jelasnya.

"Untuk yang hari Sabtu, itu pada posisi yang sama. Yang paling penting dan yang dikejar adalah esensi serta hikmah dari Idul Fitri dan puasa dengan ilmu toleransi. Bukan Jumat atau Sabtunya," tutupnya.