Waspada, Ada Oknum Nakal Jual Produk Kedaluwarsa Jelang Idul Fitri

Zulhelmi-Arifin1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Pekanbaru yang hendak berbelanja kebutuhan jelang Idul Fitri 1444 H mesti mewaspadai peredaran produk kedaluwarsa di pasaran. Apalagi masih ada sejumlah oknum nakal yang menjual produk kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyadari ada pedagang yang sudah berulang kali kedapatan menjual produk kedaluwarsa.

Dirinya menilai harus ada tindakan tegas terhadap oknum pedagang tersebut. "Pedagang harus menjual produk yang baik, jangan sampai jual produk kedaluwarsa kepada pelanggan," tegasnya, Minggu 9 April 2023.

Pihaknya mengimbau pedagang maupun pemasok agar tidak menjual lagi produk kedaluwarsa di rak pajangan. Penjual sebaiknya melakukan seleksi terhadap produk kedaluwarsa agar tidak dibeli masyarakat. 


Tim dinas bersama Balai BPOM Pekanbaru sudah melakukan penelusuran ke sejumlah pasar di kota ini. Hasilnya tim masih mendapati produk tanpa izin edar dan kedaluwarsa.

Dirinya menyebut, pedagang dan pemasok terancam kena sanksi jika masih menjual produk yang sudah kedaluwarsa. 

"Pedagang kan belinya dari pemasok, sambil kita edukasi, agar tidak menjual produk kedaluwarsa," kata Zulhelmi.

Pihaknya juga mengantisipasi produk kedaluwarsa dalam parcel. Mereka bakal melakukan pemeriksaan terhadap produk yang sudah tidak layak konsumsi lagi.

Dirinya tidak ingin nantinya tim mendapati produk kedaluwarsa dalam parcel yang sudah terbungkus. "Kita akan periksa ke penyedia parcel yang sudah dibungkus, kita ingin pastikan tidak ada produk kedaluwarsa di dalam parcel," tuturnya.