Bikin Macet Pekanbaru, Kantong Parkir Baru Bermunculan Jelang Lebaran

parkir2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Pekanbaru harus memperhatikan lokasi tempat parkir kendaraan saat berbelanja. Apalagi banyak bermunculan kantong parkir baru jelang lebaran Idul Fitri 1444/2023.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran meningkatkan patroli dan pengawasan aktivitas jasa layanan parkir tepi jalan umum.

Pengawasan ini seiring aktivitas dan mobilisasi kendaraan bermotor meningkat jelang lebaran. Tim dari UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru pun meningkatkan pengawasan di lokasi keramaian guna memaksimalkan layanan parkir tepi jalan umum.

"Kami setiap hari memang sudah melaksanakan pengawasan. Namun, ditingkatkan untuk titik yang rawan macet dan ramai kendaraan. Kami turun ke lapangan," ujar Kepala UPT Perparkiran Dishub Kota Pekanbaru Radinal Munandar, Minggu 9 April 2023.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada masyarakat, agar memarkirkan kendaraan mereka di tempat yang diperbolehkan. Kemudian jangan lupa mengunci ganda kendaraan yang dibawa.


"Jika menemukan oknum jukir nakal, masyarakat bisa melaporkan ke akun instagram UPT Perparkiran," paparnya.

Tidak hanya itu, kata Radinal, pihaknya juga melakukan penambahan personil yang berjaga di lapangan. Ada 40 personil yang terbagi dari dua tim mengawasi dari pagi hingga malam hari. 

Mereka mengantisipasi munculnya kantong parkir baru yang menyebabkan kemacetan. Selain itu juga menindak pengendara yang parkir sembarangan, dan oknum jukir nakal. 

Dirinya menyebut, jelang Idul Fitri nanti banyak aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan. Tim dari UPT Perparkiran juga dibantu anggota polri menata kantong parkir agar tidak menimbulkan kemacetan jalan.

"Anggota standby di titik rawan macet, seperti di depan Sukaramai Trade Center itu setiap hari anggota di sana. Selain jaga, anggota lain juga melakukan pengawasan secara mobile. Kami juga melakukan penindakan terhadap parkir sembarangan," tutupnya.