Polda Riau Periksa 18 Orang Saksi Terkait Ledakan Kilang Pertamina Dumai

Ledakan-pertamina-dumai1.jpg
(Tangkapan layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau melakukan pemeriksaan terhadap 18 orang saksi terkait ledakan di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Dumai yang terjadi pada Sabtu, 1 April 2023 malam.

Sebelumnya, sebanyak 13 orang saksi telah diperiksa dan dimintai keterangan oleh Polda Riau. Hari ini, Rabu, 5 April 2023, Polda Riau akan kembali melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan kepada 5 orang saksi lainnya.

"Saya mendapat laporan dari Direktorat Kriminal Umum yang sudah diperiksa ada 13 orang. Besok lima orang lebih akan kembali kita periksa," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Rabu, 5 April 2023.

Selanjutnya, Polda Riau bersama Labfor Mabes Polri dan tim dari Pertamina akan melakukan penyelidikan ledakan di PT KPI Dumai.


"Kita juga menyelidiki apakah ada unsur kelalaian dan unsur kesengajaan. Jika ada akan kita proses," terang mantan Kapolda NTB tersebut.

Terkait bagi masyarakat yang terdampak ledakan PT KPI, Irjen Iqbal mengaku sudah berkoordinasi dan melakukan rapat dengan wakil menteri BUMN dan Dirut PT KPI.

"Bagi masyarakat terdampak, kita perintahkan segera untuk rumah yang hancur segera ditindaklanjuti agar tidak terjadi gejala sosial," kata Iqbal.

"Namun 13 orang yang diperiksa Polda Riau adalah dari Karyawan PT KPI. Sedangkan lima orang lagi adalah Petinggi dari karyawan tersebut," pungkasnya.