Sudah Punya Mobil Listrik Rp 1,3 M, Syamsuar Ngaku Belum Familiar

Syamsuar-dengan-iqbal.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, mengaku belum terbiasa dengan mobil listrik yang menjadi kendaraan barunya setelah diterima di sekitar Gedung Daerah, Senin, 3 April 2023.

"Belum tahu ini, paling keliling di sekitar sini. Kalau saya belum familiar, sopir saya sudah bisa atau belum," katanya.

Selain Gubernur Riau, Syamsuar, sejumlah pejabat lainnya juga menerima mobil listrik senilai Rp 1,3 miliar ini. Ada delapan mobil listrik yang menjadi tunggangan baru para petinggi di Provinsi Riau.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan sebesar Rp 10,4 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2023 untuk pengadaan mobil mewa baru pejabat.


Mobil listrik bermerk Toyota dengan tipe bZ4X itu dipesan secara inden. Delapan mobil bergaya hitam klasik pun mentereng di gubernuran.

Pembelian mobil listrik mewah itu menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sebelumnya, Syamsuar, menyebut ingin menganggarkan APBD 2022, namun saat itu unit mobil listrik tersebut belum tersedia sehingga digeser ke anggaran 2023.