8 Mobil Listrik Seharga Rp 1,3 M Jadi Tunggangan Baru Pejabat Tinggi Riau

Mobil-listrik-pejabat-riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pejabat tinggi Provinsi Riau secara sah menunggangi mobil listrik Toyota bZ4X setelah adanya serah terima pada Senin, 3 April 2023. Mobil listrik seharga Rp 1,3 miliar itu tiba di Pekanbaru pada 28 Maret 2023 lalu.

Ada 8 mobil listrik mewah yang diserahterimakan kepada sejumlah pejabat Riau. Penerima mobil mewah itu di antaranya Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Kapolda Riau Irjen Pol Moh Iqbal, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Supardi, Ketua DPRD Riau Yulisman, Danlanud Marsma TNI Setiawan, serta Badan Penghubung Riau.

Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya menyebut, ini sebagai salah satu langkah mendukung Riau Hijau untuk mengurangi emisi. 

"Sebenarnya pemerintah sudah meresmikan dan berangsur-angsur menggunakan mobil listrik. Apalagi di Jakarta bisa digunakan sistem ganjil-genap dan masuk taman mini juga bisa. Jadi tak perlu pakai BBM lagi," katanya.


Selain itu, pembelian mobil listrik pun harus inden meski semua daerah menginginkan. 

"Saat ini, peruntukkan baru untuk Forkopimda sedangkan OPD belum. Kecuali, badan penghubung," ucapnya.

Kajati Riau, Supardi, bahkan telah melakukan test drive menggunakan mobil listrik yang menghabiskan anggaran miliaran rupiah itu.