Disnaker Riau Tunggu Hasil Investigasi Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

Kilang-Minyak-Pertamina-Dumai-Terbakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ledakan dahsyat kilang minyak Pertamina RU-II di Kota Dumai pada Sabtu, 1 April 2023, menggemparkan warga Kota Minyak dan sekitarnya. Pasalnya, dentuman itu terdengar hingga ke Rupat.

Suasana genting itu membuat warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri agar tidak menjadi korban. Si jago merah terus menyala ke atas sebelum akhirnya dipadamkan oleh pemadam kebakaran. Rumah warga sekitar pun terkena dampak ledakan kilang minyak RU-II Pertamina, Dumai.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi, saat dikonfirmasi Ahad, 2 April 2023, mengatakan pihaknya sudah turun ke lokasi untuk mengecek kondisi di lapangan.

"Tim pengawas ketenagakerjaan sudah kita turunkan ke lapangan malam tadi. Saat ini saya menunggu hasil investigasi mereka dulu," jelasnya pada RIAU ONLINE, Minggu, 2 April 2023.


Imron menyebut pihaknya akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan ada atau tidaknya faktor kelalaian dalam insiden ini.

Sementara itu, upaya Disnaker selama ini, menurutnya, sudah melakukan pembinaan dan mengingatkan semua perusahaan agar memperhatikan betul penerapan Norma K3. 

"Harapan kami ke depan agar K3 benar-benar diterapkan. Ini kurang mendapatkan perhatian serius dari perusahaan, terutama Pertamina, mereka cenderung meremehkan," jelasnya.