Bukan yang Pertama, Kilang Pertamina Dumai Pernah Terbakar Tahun 2014

Pertamina-dumai-meledak2.jpg
(Tangkapan layar)

RIAU ONLINE, DUMAI - Kilang minyak Pertamina kembali mengalami kebakaran. Setelah di Plumpang beberapa waktu lalu, tepat pada 1 April 2021, kilang Pertamina Dumai meledak.

Ternyata, kejadian ini bukan yang pertama kalinya. Kilang minyak Pertamina Dumai pernah terbakar pada 16 Februari 2014. Kemudian, kilang minyak ini benar-benar pulih dan tidak memiliki masalah.

Kala itu, kebakaran terjadi pada satu dari unit pendukung operasional, yakni unit heater atau pemanas yang berguna untuk menaikkan temperatur bahan baku dengan cara pembakaran dalam ruang tertutup.

Ledakan kembali mengejutkan warga di sekitar area kilang minyak Dumai pada Sabtu, 1 April 2023 sekitar pukul 22.40 WIB.


Menurut keterangan resmi dari Area Manager, Communication, Relation, & CSR Pertamina RU Dumai, Agustiawan, ledakan dipicu kebakaran yang terjadi di area gas compressor. Kendati begitu, hingga kini penyelidikan masih terus dilakukan untuk memastikan pemicu ledakan tersebut.

Dentuman keras dari ledakan tersebut bahkan menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di sekitarnya. Plafon rumah warga runtuh, dinding retak, hingga kaca rumah pecah akibat getaran yang muncul dari ledakan cukup besar tersebut.

Pertamina pun telah menyampaikan permohonan maaf dan akan bertanggun jawab atas insiden tersebut, serta meminta masyarakat untuk tetap tenang. Sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINE, Suara.com, semua kerugian yang diakibatkan dari insiden tersebut akan ditangani oleh Pertamina.

Sejauh ini, kerugian akibat ledakan itu masih berkisar pada materi atas kerusakan sejumlah rumah warga dan rumah ibadah.