Perbaikan Tiga Ruas Jalan Rusak di Pekanbaru Digesa Sebelum Lebaran

Jalan-rusak-di-delima.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruas jalan rusak masih ada di sejumlah titik, seperti di ruas Jalan Delima, Kota Pekanbaru. Terdapat sejumlah titik yang mengalami rusak berat di sepanjang jalan tersebut.

Kondisi ini jelas mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Apalagi ruas jalan ini menjadi akses menuju Jalan HR Soebrantas dan Jalan Soekarno - Hatta.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berencana melakukan perbaikan secara bertahap hingga menjelang Idul Fitri 1444 H. Perbaikan pada tahun ini bakal melakukan overlay atau pelapisan kembali di sejumlah ruas jalan. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edwar Riansyah menyampaikan, saat ini dokumen lelang ketiga ruas jalan itu telah dimasukan ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

"Sudah masuk ke LPSE. Namun ada dokumen yang perlu dilengkapi, ini sedang kita siapkan," ujar Edward, Jumat 31 Maret 2023.


Dirinya mengungkapkan, anggaran untuk pelapisan aspal ulang tiga ruas jalan tersebut mencapai Rp 10 miliar. Pihaknya menargetkan perbaikan jalan itu dimulai sebelum lebaran Idul Fitri.

Ia menilai, dengan sistem lelang e-Katalog, pihaknya optimis proses perbaikan tiga ruas jalan tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu.

"E-Katalog kita baru tahun ini. Biasanya lebih cepat dari pada lelang biasa. mudah-mudahan harapan kita sebelum lebaran tuntas (selesai lelang). Dan perbaikan jalan dapat dilakukan," jelasnya.

Tahun ini ada tujuh ruas jalan di Kota Pekanbaru yang akan di-overlay. Empat jalan di antaranya Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, Jalan Parit Indah, dan Jalan Pemuda, diperbaiki menggunakan bantuan keuangan (Bankeu) dari Provinsi Riau.

Sementara tiga ruas jalan lagi yakni Jalan Dahlia di Kecamatan Sukajadi, Jalan Suka Karya di Kecamatan Tuah Madani dan Jalan Delima di Kecamatan Binawidya, biaya perbaikan ditanggung oleh Pemko Pekanbaru.