Ibadah Ramadan Bersama Napi, Kakanwil: Lapas Tempat Pembinaan Bukan Penyiksaan

Kakanwil-Kemenkumham-riau1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kakanwil Kemenkumham) Riau, M Jahari Sitepu, bersama seluruh jajaran melaksanakan ibadah Ramadan bersama dalam Lapas Perempuan Kelas II A Pekanbaru, Kamis, 30 Maret 2023.

M Jahari Sitepu didampingi Kadivpas Mulyadi, Kepala Lapas Laki-laki Sapto Winarno dan Kepala Lapas Perempuan Desy Andriyani melakukan buka bersama, salat Magrib, Isya, dan Tarawih bersama dalam lingkungan lapas perempuan Pekanbaru.

Di sela-sela pelaksanaan ibadah tersebut, M Jahari Sitepu memuji warga binaan pemasyarakatan perempuan yang fokus melaksanakan ibadah Ramadan meski di balik jeruji besi.

"Sesuai UU nomor 22 tahun 2022, warga binaan berhak mendapatkan pembinaan agar tidak kembali mengulangi perbuatan lamanya," ujar M Jahari Sitepu kepada RiauOnline.co.id.

Mantan Kepala Lapas Binjai ini mengatakan lembaga pemasyarakatan adalah tempatnya pembinaan bukan penyiksaan seperti yang dipikirkan orang-orang luar.


"Kadang-kadang masyarakat berpikir kalau Lapas ini tempat penyiksaan, tapi tidak. Ini tempat pembinaan bagi narapidana serta berkarya menggali potensi narapidana untuk hidup lebih baik," terangnya.

Bahkan Jahari Sitepu meyakini, di bawah kepemimpinan Kepala Lapas Perempuan Desy Andriyani, WBP perempuan mampu memberikan pembinaan seperti Tadarus, Tarawih, dan berkarya di bulan Ramadan 2023 ini.

"Saya bangga dengan Ibu Desy, ia mampu menerapkan ilmu yang diperoleh saat dia di kuliahnya dulu dan membawa ke Lapas Perempuan untuk memberikan pembinaan keterampilan lebih baik," sebutnya.

Adapun total warga binaan perempuan yang ada di Lapas Perempuan yakni berjumlah 400 orang lebih.

"Lebih kurang ada 400 WBP Perempuan, 25 di antaranya non muslim dan 375 muslim. Semoga pembinaan di Lapas ini dapat dibawa saat lepas dan keluar dari sini."

"Pembinaan yang diberikan yakni keterampilan mampu membuat mukena, gorden. Serta ada yang mengikuti perlombaan baca Alquran. Semoga dia juara dari Lapas Perempuan Pekanbaru," pungkasnya.