Syamsuar Safari Ramadan, Warga Dumai Banjir Santunan

Syamsuar666.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, DUMAI - Gubernur Riau, Syamsuar, menggelar safari Ramadan di Kota Dumai. Di malam ke-8 Ramadan, Rabu, 29 Maret 2023, Syamsuar bersafari Ramadan di Masjid Masjid Agung Habiburrahman Islamic Center, Jalan Brigjen HR Soebrantas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Selain melangsungkan salat tarawih berjamaah bersama masyarakat, Syamsuar juga memberikan santunan kepada warga yang membutuhkan.

Sesuai dengan arahan presiden, Syamsuar mengatakan pemberian zakat diprioritaskan kepada masyarakat miskin ekstrem. 

"Kemiskinan ekstrem terkecil di Riau itu ada pada Dumai, arahkan bantuan ini dengan tepat sasaran, agar memberantas miskin ekstrem," ucapnya.

Bantuan pertama yang diberikan Syamsuar yakni bantuan program kemitraan PT Bank Riau Kepri Syariah kepada Pemprov Riau untuk Masjid Agung Habiburrahman Islamic Center senilai Rp 50 juta. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Syamsuar kepada pihak pengurus Masjid Habiburrahman Islamic Center.


Selanjutnya, bantuan berupa paket Santunan Idul Fitri dari BAZNAS Provinsi Riau untuk 1.000 masyarakat miskin ekstrem. Masing-masing warga mendapat Rp 500 ribu dari total Rp 500 juta.

Kemudian, penyerahan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan meliputi santunan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp 42 juta kepada Novianti selaku ahli waris Nazaruddin.

Terakhir, santunan Jaminan Hari Tua kepada Yuslinda selaku ahli waris Syofian yang bekerja di PT Wilmar sebesar Rp 89 juta. Santunan jaminan pensiun sebesar Rp 6.432.000 juga santunan beasiswa untuk 2 orang anak sebesar Rp 141 juta.

Dalam hal ini, Syamsuar juga meminta kepada Wali Kota dan Baznas Dumai agar masyarakat dapat memaksimalkan zakat yang dikeluarkan. Dengan begitu, lanjut Syamsuar, bisa memberantas kemiskinan di Kota Minyak tersebut.

Turut hadir Wali Kota Dumai, Paisal, Ketua Baznas Riau, Masriadi Hazan, Perwakilan BRK Syariah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Mamun Murod, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop UKM), Taufik OH, Kepala Inspektur Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan.

Lalu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdaprov Riau, Rahmad Rahmadiyanto, Kepala Bappedalitbang Riau, Emri Juli Harnis, Kepala Biro Adpim Setdaprov Riau, Aryadi, Kepala Bidang IKP Diskominfotik Provinsi Riau, Eriadi Fahmi.