Overkapasitas, Menkumham Sebut Lapas Bagansiapiapi Sangat Mengerikan

Ilustrasi-lapas.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi satu dari 10 lapas yang mengalami overpopulasi. Bahkan, overpopulasi Lapas di Bagansiapiapi ini mencapai 845 persen.

Hal ini diungkap oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly. Yasonna menyebut idealnya Lapas Kelas II A Bagansiapiapi hanya mampu menampung 98 narapidana. Namun pada praktiknya, lapas tersebut dihuni oleh 927 narapidana.

"Yang paling fatal itu, yang paling berat gitu Lapas Kelas II Bagansiapiapi over populasinya atau over kapasitasnya 845 persen. Itu berarti tempat 1 orang dihuni 8,4 orang. Jadi memang sangat mengerikan," kata Yasonna dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, dikutip dari Suara.com, Rabu, 29 Maret 2023.

Untuk itu, Yasonna memastikan kapasitas Lapas Kelas II A Bagansiapiapi nantinya akan diperbanyak.


"Tapi dalam waktu dekat lapas klas II Bagan Siapi-Api akan selesai akan menampung 927 orang. Jadi ini akan sangat baik sekali, kita akan diberikan tanah oleh Pemda dan kemudian kita bangun," kata Yasonna.

Selain Lapas Kelas II A Bagansiapiapi, Lapas Kelas II B Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) juga over populasi. Lapas ini hanya mampu menanmpung 53 orang, namun kini mengalami over populasi hingga 539 persen.