Mendagri Bakal Panggil Sekdaprov Riau, Buntut Flexing Keluarganya

Sekdaprov-Riau-1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melayangkan panggilan untuk Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, terkait gaya hidup mewah istri dan anaknya yang tersebar di media sosial.

"Saya sudah minta Irjen Mendagri untuk memanggil yang bersangkutan melakukan klarifikasi, itu kan bisa benar bisa tidak, maka kita harus klarifikasi dulu," kata Tito kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, dikutip dari jaringan RIAU ONLINE, kumparan, Rabu, 29 Maret 2023.

Tito mengatakan pihaknya juga mendorong kepala daerah untuk hidup lebih sederhana.

"Hari Senin lalu saya sudah menyampaikan dalam Zoom meeting tentang inflasi, tapi saya sempatkan masukkan isu mengenai itu, yaitu mendorong pola hidup sederhana, jadi pola hidup sederhana," ucapnya.

Lebih jauh, Tito menegaskan kepada kepala daerah untuk menjaga unggahan di media sosial. Terlebih saat ini arus informasi begitu mudah didapatkan.


"Perubahan situasi seperti ini kita harus cepat menyesuaikan diri, ya pola hidup sederhana jangan meng-upload gaya hidup yang seperti kelihatan mewah, pasti akan menjadi sorotan, masyarakat lebih kritis," tandas dia.

Gaya hidup istri dan anak SF Hariyanto menjadi sorotan setelah dibocorkan akun @PartaiSocmed. Akun itu mengunggah foto istri SF Hariyanto yang berlibur ke Eropa hingga menggunakan sepeda Brompton.

Belakangan, Sekdaprov Riau yang akrab disapa Anto itu menyebut bahwa istrinya berlibur menggunakan tiket murah dan sedang promo bersama teman-temannya. Bahkan, kata dia istrinya sampai tidur di lantai.

Terkait sepeda Brompton yang juga pamerkan sang istri di media sosial, Anto menyebut itu dibeli dengan mencicil. Sedangkan, barang-barang branded seperti tas yang pakai sang istri, disebutnya merupakan barang palsu atau KW.

Anto kian disorot setelah dokumentasi saat ia menggelar pesta ulang tahun ke-17 putrinya, Riskia Amelia Pohan, di The Ritz-Carlton Jakarta, menyebar luas di jagat maya. Anto menyatakan bahwa video yang beredar itu diambil 11 tahun lalu, di sebuah ruko.

Namun, menurut hasil penelurusan kumparan, acara itu digelar pada 8 Agustus 2015 atau sekitar 8 tahun lalu. Perayaan ultah mewah itu diselenggarakan di sebuah venue di lantai LG The Ritz-Carlton.