152 Pengungsi Rohingya Bakal ke Pekanbaru, 8 Penampungan Sementara Disiapkan

Pengungsi-Rohingya-dari-aceh6.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak delapan titik penampungan sementara disiapkan bagi 152 pengungsi dari etnis Rohingya. Mereka dipindahkan dari Aceh ke Kota Pekanbaru

"Ada 109 kamar disiapkan sebagai penampungan sementara bagi para pengungsi ini," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Syoffaizal, Rabu 29 Maret 2023.

Dirinya menyebut, bagi pengungsi yang sudah berkeluarga ditempatkan di Hotel Satria sebanyak 15 kamar. Lalu di Wisma Indah Sari yang terdapat delapan kamar yang bisa menampung pengungsi.

Kemudian, Wisma D’Cop khusus untuk pengungsi yang masih sendiri sebanyak dua kamar. Ada juga Wisma Siak Resort bagi pengungsi yang berkeluarga sebanyak 18 kamar.


Lokasi lainnya yakni Wisma Fanel untuk pengungsi yang belum berkeluarga sebanyak 20 kamar. Lalu Rumah Kost Tasqya bagi pengungsi berkeluarga dan single sebanyak sembilan kamar.

Ada juga di Wisma Orchid untuk yang berkeluarga sebanyak lima kamar. Lalu kosan Devada khusus bagi pengungsi berkeluarga terdapat sebanyak 34 kamar.

"Untuk penempatan para pengungsi, kita berkoordinasi IOM. Kita juga lakukan pembahasan lebih lanjut," ungkapnya.

Pemerintah kota sudah menerima surat dan Menkopolhukam RI terkait pemindahan pengungsi Rohingya ke Pekanbaru dan Medan. Ia menyebut rencana ini mendapat beragam tanggapan dari sejumlah pihak.

Pengungsi Rohingya terakhir datang ke Pekanbaru pada pertengahan Mei 2022. Saat itu, total ada 119 orang pengungsi asal Rohingya yang dipindahkan ke Pekanbaru dari Aceh.