Antisipasi Gejolak Harga Bahan Pangan Selama Ramadan, Bakal Ada Pasar Murah

Pedagang-di-pasar-pekanbaru1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) segera melakukan pengawasan ke pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Mereka berupaya mengantisipasi gejolak harga bahan pangan selama Ramadan 1444 H.

Satu upaya yakni bakal digelar pasar murah untuk mengantisipasi gejolak harga bahan pangan. Di pasar murah masyarakat bisa mendapat bahan pangan dengan harga terjangkau.

"Untuk pasar murah, kita koordinasi dengan pihak swasta. Ada di antaranya dari perbankan," papar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Minggu 26 Maret 2023.

Menurutnya, kalangan dari swasta bisa punya peran dalam menggelar pasar murah. Adanya pasar murah tentu mempermudah masyarakat mengakses bahan pangan dengan harga murah.


Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini juga sedang mencari kerangka solusi agar memiliki lokasi penyimpanan khusus bahan pangan. Ia mengaku saat ini pemerintah kota baru bisa mengandalkan keberadaan koperasi pegawai.

"Kita juga cari kerangka solusi, agar bisa memiliki gudang sendiri. Sedangkan untuk sekarang kita baru memiliki koperasi," terangnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, pemerintah kota sedang berupaya agar koperasi bisa mengelola sembako di Pekanbaru. Mereka bisa menjadi distributor pasar agar harga bisa lebih mudah diatur.