Alami Gangguan Listrik, 1.714 Gardu PLN Dipulihkan Usai Hujan Badai

Pemulihan-gardu-pln.jpg
(Dok. PLN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan badai disertai angin kencang pada Sabtu, 25 Maret 2023 di Kota Pekanbaru dan sekitarnya membuat arus listrik PLN sempat mengalami gangguan. Pihak PLN pun kemudian bergerak cepat untuk memulihkan listrik yang sempat padam akibat hujan badai 

"Sebanyak 1.714 gardu yang sebelumnya mengalami gangguan dengan total 246.873 pelanggan. Pada pukul 23.00 WIB 100 persen telah menyala kembali. Tentu upaya tersebut dilakukan secara bertahap dan tetap mengutamakan keselamatan warga dan petugas," ujar General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Riau dan Kepulauan Riau, Agung Murdifi, pada Ahad, 26 Maret 2023.

Menurutnya, ratusan petugas dengan peralatan lengkap diterjunkan ke lokasi terdampak padam di Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Rokan Hulu serta beberapa daerah di sekitarnya untuk memulihkan sistem kelistrikan. Di lapangan, proses pemulihan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Regu Pemadam Kebakaran (DAMKAR), dan warga.


Cuaca ekstrem pun sempat membuat sejumlah pohon tumbang sehingga cukup menyulitkan petugas di lapangan lantaran mengenai jaringan listrik. Petugas tak pasrah begitu saja, sehingga listrik normal kembali.

"Sampai dengan saat ini, petugas kami terus memantau daerah-daerah yang terdampak cuaca ekstrem, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terangnya.

Kepada masyarakat, Agung mengimbau, jika melihat adanya pohon yang tumbang mendekati jaringan listrik, layang-layang yang tersangkut pada jaringan, umbul-umbul atau spanduk yang menyentuh jaringan, serta hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan gangguan kelistrikan agar segera melapor kepada PLN. Pengaduan pun kini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile dan petugas akan segera ke lokasi.