National Halal Fair 2023 Bakal Digelar di Riau, Catat Lokasinya

National-Halal-Fair-2023.jpg
(Dok. KNEKS)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - National Halal Fair 2023 akan digelar di Provinsi Riau. Riau menjadi satu dari delapan provinsi terpilih sebagai tuan rumah dari kegiatan yang ditaja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Direktur Infrastruktur Ekosistem KNEKS, Sutan Emir Hidayat, mengatakan National Halal Fair merupakan kegiatan yang dilakukan di delapan provinsi saat Ramadan.

"National Halal Fair menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) di daerah," katanya, Selasa 21 Maret 2023.

Selain Riau, tujuh daerah lainnya yang menggelar National Halal Fair 2023 Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Selatan, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

National Halal Fair di Riau tahun ini akan digelar di beberapa lokasi di Pekanbaru mulai 7-23 April. Adapun lokasi penyelenggaraannya akan dilakukan di Living World Pekanbaru, Ramadhan Super pada 27 Maret - 23 April di AERO Sport Simpang Tiga.


Bazaar Ramadhan Simpang Tiga pada 23 Maret-22 April di Kantor Camat Bukit Raya, Pasar Ramadhan Masjid Raya mulai 23 Maret sampai 22 April di halaman Masjid Raya Pekanbaru. Semarak Ramadhan 25 Maret sampai 20 April 2023 berlokasi di Masjid Agung An-Nur, serta Bazar Ramadhan Pedagang Kaki Lima mulai 25 Maret - 20 April 2023 berlokasi di 11 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Sutan mengatakan peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya yang mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

Ia menyebut kontribusi UMKM terhadap Produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,5 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

National Halal Fair, kata dia menjadi satu solusi untuk para pelaku UMKM dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai upaya membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pendayagunaan UMKM.

"Mempererat silaturrahim di bulan suci Ramadan," tutupnya.