Jembatan Penghubung Desa Bangun Purba Rohul Jebol Diterjang Banjir

Jembatan-permanen-di-rohul.jpg
(Dok. Media Center Riau)

RIAU ONLINE, ROHUL - Jembatan di Desa Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) jebol diterjang banjir. Akibatnya jalan penghubunga Pasir Pengaraian-Bangun Purba terputus.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau melalui UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV, mengamabil langkah cepat dengan membangun jembatan darurat untuk mempermudah akses masyarakat.

Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI, Ferry Yunanda, mengatakan Jalan Tangun yang menjadi batas Sumatera Utara (Sumut)-Rohul mengalami longsor akibat tingginya curah hujan.

"Membangun jembatan darurat yg bersifat sementara sambil menunggu pembangunan jembatan permanen," kata Ferry, Rabu, 22 Maret 2023.

Ferry menyebut sebelumnya sudah terdapat box culvert di jalan yang terputus itu. Namun, box culvert jebol hingga menyebabkan jalan mengalami longsor akibat tingginya curah hujan.


"Bentang longsor akibat hujan, kurang lebih 10 -12 meter," sebutnya.

Sementara saat ini, kata Ferry pihaknya akan melakukan pembangunan jembatan darurat bekerjasama dengan Dinas PU Kabupaten Rohul. Bahkan, alat berat dan sejumlah material uang dibutuhkan sudah ada di lokasi.

"Sekarang lagi on progress, pengelasan rangka baja," sebutnya.

Ferry berharap jembatan darurat yang tengah dibangun akan memudahkan masyarakat untuk tetap beraktivitas.

Tak hanya memutus akses jalan penghubung, banjir juga merendam empat wilayah di Kabupaten Rohul akibat luapan debit air Sungai Rokan Kanan.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan daerah terdampak banjir di antaranya Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Koto Tinggi dan Kelurahan Pasir Pengairan yang berada di wilayah Kecamatan Rambah.