Harga Mobil SF Hariyanto dalam Kondisi Bekas, Sesuai LHKPN 2022?

Sekdaprov-Riau-klarifikasi.jpg
(Suara.com/Eko Faizin)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harta kekayaan pejabat di Indonesia menjadi sorotan publik di tengah berlangsungnya Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di lingkungan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, menjadi sorotan imbas istrinya yang kerap kali pamer kekayaan di media sosial.

Merujuk LHKPN yang diterbitkan KPK pada 11 Maret 2022/Periodik-2021 silam, SF Hariyanto memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 9,72 miliar. Tersaji harta kekayaan SF Hariyanto diawali dengan terdiri dari 9 tanah dan bangunan dengan nilai total Rp 8,5 miliar.

Alat transportasi berupa tiga mobil mewah berupa Toyota Vellfire ZG 2.4 Minibus seharga Rp 275 juta, Toyota Harrier tahun 2015 seharga Rp 250 juta, Toyota Fortuner tahun 2020 seharga Rp 320 juta dan satu unit motor Honda Phantom tahun 2013 dengan nilai Rp 750 ribu dengan nilai total Rp 845,75 juta, serta harta bergerak lainnya Rp 216,25 juta, dan kas/setara kas Rp 154 juta.

Berdasarkan penelusuran RIAUONLINE.CO.ID di berbagai situs di internet perihal kendaraan mobil kondisi bekas, Toyota Vellfire ZG 2.4 Minibus Tahun 2014 harganya berkisar Rp 420 juta hingga Rp 460 juta. Untuk Toyota Harrier tahun 2015 harganya berkisar Rp 389 juta hingga Rp 453 juta.

Kemudian, untuk harga bekas Toyota Fortuner tahun 2020 dibandrol dengan harga Rp 420 juta hingga Rp 500 juta. Kisaran harga tersebut dirangkum untuk wilayah di seluruh Indonesia, yang kebanyakan harga di wilayah Jawa.

Harta kekayaan SF Hariyanto ini pun melonjak jauh dari jumlah harta pada April 2015, sebesar Rp 2,39 miliar. Saat itu dirinya masih menjabat sebagai Plt Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan.


Atas perlakuan istrinya yang doyan pamer di media sosial, SF Hariyanto berkilah bahwa barang-barang yang dikenakan istrinya seperti tas, sepatu, dan pakaian merupakan barang KW atau tiruan.

Dia menyebut tas bermerk yang dikenakan sang istri banyak produk KW alias palsu, termasuk tas yang disinyalir dibanderol dengan harga Rp 420 juta.

"Semua (tas) ini adalah palsu, semua KW," ucap Sekda Riau sambil menunjukkan semua tas di rumah dinasnya Jalan Gajah Mada Pekanbaru, dikutip dari jaringan RIAU ONLINE, Suara.com, Senin 20 Maret 2023 lalu.

Dirinya sempat memperlihatkan 13 tas dan sepatu sang istri yang sempat dipamerkan di media sosial.

Disebutkan SF Hariyanto, tas-tas tersebut dibeli di ITC Mangga Dua Jakarta secara online. Semua tas itu dibeli istrinya dengan harga kisaran Rp 2 juta hingga Rp 5 jutaan.

Sementara terkait sepeda Brompton yang juga dipamerkan sang istri di media sosial, ia menyebut sepeda bermerek tersebut cuma satu dan dibeli dengan cara dicicil.

"Brompton harga Rp15-20 juta dan (pembeliannya) dicicil," tutur pria yang kerap disapa Anto.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar, menanggapi agar kiranya pejabat publik di wilayah kerjanya hidup secara sederhana.

"Sudah saya ingatkan. Dan bisa menyesuaikan. Sebab kita ini hidup sebagai pegawai negeri agar bersikap sederhana," jelasnya.