4 Daerah di Rohul Terendam Banjir Luapan Sungai Rokan, BPBD Evakuasi Warga

BPDB-Evakuasi-warga-rohul.jpg
(Dok. BNPB)

RIAU ONLINE, ROHUL - Banjir merendam empat wilayah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Selasa 21 Maret 2023. Banjir menggenangi pemukiman warga setelah meluapnya debit air Sungai Rokan Kanan.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan daerah terdampak banjir di antaranya Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Koto Tinggi dan Kelurahan Pasir Pengairan yang berada di wilayah Kecamatan Rambah.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyebut berdasarkan data sementara ada 999 Kepala Keluarga dan 999 unit rumah warga yang terendam banjir. Selain itu, ada dua fasilitas ibadah dan sejumlah segmen jalan yang ikut terendam

"Ketinggian muka air antara 70 hingga 150 sentimeter," kata Abdul dalam keterangan resmi yang diterima RIAU ONLINE, Rabu 22 Maret 2023.

Abdul mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul bersama tim gabungan langsung menuju lokasi terdampak banjir untuk melakukan pendataan, penanganan, dan evakuasi korban terdampak.


"Beberapa perahu karet diterjunkan untuk mempermudah pergerakan masyarakat," sebutnya. 

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan hingga hujan ringan di wilayah Rohul untuk hari ini. Keesokan harinya, Kamis, 23 Maret 2023, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di daerah tersebut.

BNPB mengimbau pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan, seperti penguatan tanggul menggunakan sandbag, di sekitar daerah aliran sungai untuk mengurangi luapan debit air.

"Bagi masyarakat yang tinggal di sempadan sungai agar membentuk tim penanganan bencana tingkat desa, memantau informasi cuaca dan debit air sungai secara aktual untuk mengurangi potensi risiko ketika terjadi banjir," pungkasnya.