Kuok Kampar Diterjang Longsor, Arus Lalin Riau-Sumbar Sempat Lumpuh Total

Polres-kampar-bersihkan-longsor.jpg
(Dok Polres Kampar)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, tepatnya KM 81 diterjang longsor setelah diguyur curah hujan tinggi.

Arus lalu lintas penghubung Riau-Sumatera Barat (Sumbar) sempat lumpuh total akibat tanah longsor yang menutupi badan jalan, Selasa, 21 Maret 2023. 

Kapolres Kampar, AKBP Didik Priyo Sambodo, mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

"Curah hujan tinggi sejak pukul 10.00 WIB. Sehingga, menyebabkan longsornya perbukitan. Material longsor, tanah, batu dan kayu menutup badan jalan. Arus lalu lintas saat ini lumpuh total," ujar AKBP Didik.

Sementara saat ini, personel Polres Kampar dan Polsek Bangkinang Barat telah berada di lokasi melakukan pengamanan arus lalu lintas.


"Personel juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar," sambungnya.

Selain itu, satu unit eskavator dari Dinas PUPR dikerahkan sejak sekitar pukul 04.15 WIB untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi badan jalan.

Didik menyebut, hingga kini alat berat dan personel masih membersihkan material longsor di lokasi. Sedangkan, arus lalu lintas perlahan kembali normal dengan sistem buka-tutup. 

"Pengerjaan pembersihan material masih berlangsung. Saat ini sama sekali belum bisa melintas baik dari arah Pekanbaru ke Sumbar maupun sebaliknya. Diperkirakan satu sampai dua jam baru bisa dilewati," pungkasnya.