Ini Jenis Senjata Api Digunakan Serma AW dalam Perampokan di ATM Pekanbaru

Wadirreskrimum-Polda-Riau-AKBP-Sunhot-P-Silalahi2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Oknum TNI melakukan penembakan kepada petugas sekuriti yang mengawal proses pengisian uang di ATM Panin Bank, Jalan Tanjung Datuk, Kota Pekanbaru, Minggu 5 Maret 2023. Kemudian, pelaku membawa kabur uang senilai Rp 100 juta.

Senjata api yang digunakan Serma AW untuk menembak korban hingga terluka di bagian perut merupakan jenis Makarov. Serma AW membeli senjata api tersebut seharga Rp 15 juta di Tanjung Priok, Jakarta Utara, sejak 2017.

"Selain senjata api jenis Makarov, kita juga menyita satu mobil dan satu sepeda motor yang digunakan para pelaku yang berjumlah lima orang," ujar Wadirreskrimum Polda Riau, AKBP Sunhot P Silalahi di Mapolda Riau saat mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan.

Selain dua oknum TNI, polisi juga menangkap tiga warga sipil lainnya. Kelimanya ditangkap di tiga lokasi berbeda.


"Ada 5 pelaku yang kita tangkap, dua orang oknum berinisial AW dan ES dan tiga orang wiraswasta berinisial YP, WS dan HW," jelasnya.

Sunhot menyebut pihaknya terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur kepada tiga pelaku karena melakukan perlawanan saat akan menunjukkan barang bukti yang digunakan dalam aksi perampokan.

"Dua oknum itu saat ini ditangani Denpom 13 Pekanbaru. Pelaku yang menembak korban adalah oknum berinisial AW," pungkasnya.