Kios Sementara Bagi Pedagang di Pasar Cik Puan Terbagi 12 Blok

Pembangunan-kios-sementara.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 220 kios sementara segera berdiri di bekas areal Pasar Cik Puan yang terbakar. Mayoritas kerangka untuk bangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi pedagang ini sudah berdiri pada Rabu 15 Maret 2023.

Kios sementara ini terbagi dalam 12 blok. Ada sepuluh blok di bagian tengah sedangkan dua blok pada sisi kanan dan kiri Pasar Cik Puan.

Setiap blok ada 18 kios dari total 180 kios yang berada di bagian tengah area bekas kebakaran. Sedangkan di bagian kiri dan kanan pasar masing- masing ada 20 kios.

"Jadi kita menata kios ini agar para pedagang dan masyarakat nyaman beraktivitas di dalam Pasar Cik Puan," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin. 


Ia menyampaikan, penataan ini untuk memastikan ruang di kawasan Pasar Cik Puan agar sesuai fungsinya. Area pedagang ditempatkan bagi pedagang sedangkan bagi lahan parkir terpisah.

Selain itu juga dipersiapkan akses jalan di dalam pasar. Untuk bagian depan Pasar Cik Puan nantinya diperuntukkan sebagai lahan parkir. 

"Ada tiga jalan akses dengan lebar jalan tiga hingga empat meter. Kita atur lokasinya, agar ada akses sirkulasi pedagang, masyarakat hingga angkutan barang komoditi," jelasnya. 

Pihaknya juga menyiapkan Tempat Penampungan Sampah (TPS) sementara. Adanya TPS untuk mencegah sampah menumpuk di sekitar pasar.