RAPP Gelar Kuliah Umum di UNRI, Bahas Kiat Sukses di Dunia Kerja

PT-RAPP73.jpg
(Riau Online/Haslinda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar kuliah umum Lecture Series 1 2023 dengan tema Meraih Sukses di Dunia Kerja di Gedung Petrokimia Fakultas Teknik Universitas Riau, Selasa 14 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Prof Zuchra Helwani, Kajur Teknik Kimia FT UNRI Ir Idral Amri ST MT dan Kepala Program Studi D3 Teknologi Pulp dan Kertas Evelyn ST MSc MEng PhD. Serta Direktur PT RAPP Muhammad Ali Shabri menjadi pemateri.

Direktur PT RAPP, M Ali Shabri mengataka kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pehamanan kepada mahasiswa, khususnya Jurusan Teknik Kimia dan Program Teknologi Pulp dan Paper UNRI dalam menggapai dunia kerja.

"Saya kira ini sangat bagus. Sebagai tanggung jawab dari RAPP mempersiapkan adik-adik mahasiswa Teknik Kimia dan Program Teknologi Pulp dan Paper bukan hanya teknikal di kuliah saja yang dipahami tapi bagaimana menjadi pemimpin di masa depan. Jadi secara softskillnya harus dibina dari awal," ujarnya saat ditemui Riauonline.co.id usai kegiatan.

"Ini juga awal dari kerjasama dengan UNRI dan akan berkelanjutan. Nanti mereka-mereka ini akan join dengan kami. Jadi mereka sudah mengerti itu," tambahnya.

Dalam pemaparannya, M Ali Shabri menjabarkan poin-poin bagaimana memanajemen waktu, menjadi leadership, kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kreatif, ketahanan menghadapi tekanan, kemampuan dan kemauan belajar, kerjasama tim serta etika dalam bekerja. 

"Jadi ada banyak aspek yang harus kita pahami terutama bila akan menjadi seorang leader. Seperti memiliki visi dan cakap secara teknis. Bisa membuat keputusan tepat serta berkomunimasi dengan baik. Yang paling penting seorang pemimpin adalah role model. Tidak hanya di situ saja, pemimpin juga harus bisa memberikan bentuk perhatian dengan terbiasa mengucapkan terimakasih," jelasnya.


Sehingga, dari hasil pemaparannya, M Ali Shabri mengapresiasi antusias mahasiswa terutama saat agenda tanya jawab dan diskusi.

"Saya sangat apresiasi dengan adik-adik. Dari awal sampai akhir semangatnya sangat kuat. Pertanyaan kuis juga bisa mereka pahami dan menjawab dengan sempurna," tuturnya.

Sementara, Kajur Teknik Kimia UNRI, Ir Idral Amri berharap kuliah umum ini bisa memberikan gambaran bagi mahasiswa dalam menguasai dunia kerja dan menjadi seorang leadership.

"Kegiatan ini adalah praktisi mengajar. Istilahnya kuliah umum tapi topiknya karir. Sehingga ketika tamat, mereka terbiasa dengan kegiatan yang sudah disampaikan  seperti menjadi leadership, bekerja dalam sebuat tim dan bisa meningkatkan kualitas area di dunia kerja," tandasnya.

 

Amri menyebut, kedepannya kegiatan serupa akan dilakukan dalam waktu dekat dengan pemateri dan pembahasan yang berbeda.

"Di tahun 2023 ini kegiatan perdana. Tapi nanti tanggal 17 akan ada kegiatan lain mengenai manajemen industri dan berlanjut di bulan depan dari PHR. Jadi dari semua mahasiswa Tenik kita invite," pungkasnya.