Miris, Pengangguran di Pekanbaru Hampir 40 Ribu Orang

Job-Fair3.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jumlah orang tanpa pekerjaan atau pengangguran di Kota Pekanbaru masih tinggi. Hampir 40 ribu orang di Kota Pekanbaru menjadi pengangguran selama tahun 2022 silam.

 

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru merilis, tingkat pengangguran terbuka di kota ini mencapai 6,4 persen. Sedangkan jumlah pengangguran di kota ini pada tahun lalu sebanyak 36.513 orang.

 

"Ini terbilang tinggi karena hampir 40 ribu orang. Satu faktor yakni banyaknya lulusan SMA/SMK sederajat, maupun tamat kuliah yang belum tertampung pasar kerja," ungkap Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim.

 

Menurutnya, jumlah pengangguran memang mencapai puluhan ribu orang. Namun masyarakat yang terdata sebagai pencari kerja baru sekitar  5.533 orang.


 

Tingginya angka pengangguran ini menjadi perhatian Disnaker Kota Pekanbaru. Mereka pun mencoba untuk mencari strategi agar ada akses lapangan kerja bagi masyarakat yang belum punya pekerjaan.

 

Satu upaya yakni, menggelar ajang Job Fair untuk mempertemukan pelamar dengan pencari kerja. Disnaker Kota Pekanbaru sendiri pada 7 hingga 9 Maret 2023 lalu telah menggelar Pekanbaru Job Fair 2023. 

 

 

Dalam kegiatan tersebut, para pencari kerja atau pencaker tidak dipungut biaya dalam kegiatan ini alias gratis. Abdul Rahim menyebut total ada 1.549 lowongan yang tersedia di 44 perusahaan.

 

"Perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor sehingga para pencaker punya kesempatan besar," pungkasnya.