BPN Pekanbaru Pastikan Data dan Berkas Pemohon di MPP Tidak Terbakar

Kondisi-MPP-Pasca-kebakaran.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru memastikan data dan berkas pemohon dokumen pertanahan di gerai Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru aman.

Petugas yang berada di gerai tidak meninggalkan berkas pemohon di tempat saat kejadian insiden kebakaran pada 5 Maret 2023 lalu. BPN pun memastikan tidak ada berkas pemohon yang ikut terbakar dalam kejadian tersebut.

"Kita pastikan seluruh data dan berkas aman, tidak ada yang terbakar saat kejadian," ujar Kepala BPN Pekanbaru, Memby Untung Pratama, Selasa 14 Maret 2023.

Dirinya menjelaskan bahwa tim sudah ke lokasi gerai BPN di MPP pasca kebakaran. Meskipun tidak ada berkas yang terbakar di gerai saat kejadian, namun diakuinya sejumlah alat penunjang layanan gerai BPN Pekanbaru seperti layar monitor dan PC tidak terselamatkan.

Namun begitu, pihaknya memastikan data pemohon sudah berada di basis data BPN sehingga bisa diakses secara online.


"Maka kita pastikan juga untuk layanan elektronik tidak terkendala," jelasnya.

Masyarakat khususnya pemohon untuk sementara bisa mengakses layanan dokumen pertanahan di BPN Pekanbaru, Jalan Nagasakti, Kota Pekanbaru. Pemohon bisa datang ke kantor itu pada jam kerja untuk mengakses layanan di Kantor BPN Pekanbaru.

"Untuk sementara, semua layanan terpusat di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru," ujarnya.

BPN Pekanbaru juga berencana membuka kembali layanan di MPP Pekanbaru pasca kebakaran beberapa waktu lalu. Apalagi layanan di MPP Pekanbaru sudah kembali dibuka di Gedung C komplek perkantoran Jalan Jenderal Sudirman.