MPP Pekanbaru Belum Beroperasi Normal, Muflihun: Pelan-pelan Buka Layanan

Muflihun70.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mengaku belum bisa memastikan kapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dapat kembali beroperasi secara normal. Ia menyebut butuh proses bagi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk bisa kembali memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Namun saya sudah minta segera pindahkan pelayanan ke gedung C, agar bisa melayani masyarakat. Lantai 2, kan masih kosong," ungkapnya, Jumat 10 Maret 2023.

Sementara itu, katanya, untuk pelayanan sementara di MPP Pekanbaru sudah tidak ada masalah. Seperti layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru sudah dibuka kembali.

"Cuma layanan dari instansi yang ada dalam MPP belum bisa beroperasi kembali. Tapi pelan-pelan, kita buka layanan tersebut," ujarnya.


Muflihun mendorong agar layanan perizinan dan non perizinan segera dibuka di Gedung C MPP Pekanbaru. Ia menyebut bahwa pelayanan di gedung itu bisa berada di lantai satu dan lantai dua.

Dirinya berharap dengan memanfaatkan ruang di gedung C bisa membuka layanan yang selama ini tersedia di MPP Pekanbaru. Ia mengingatkan agar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru bisa segera menata gerai layanan di gedung tersebut.

"Jadi kita penuhkan di lantai 1 dan lantai 2 gedung C, kita penuhkan untuk layanan," ucapnya.

Layanan perizinan dan non perizinan di MPP Pekanbaru sempat lumpuh selama dua hari paasa kebakaran hebat, Minggu 5 Maret 2023. Namun satu persatu layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru mulai dibuka pada, Rabu 8 Maret 2023.

Sejumlah layanan perizinan di MPP Pekanbaru saat ini hanya bisa diakses secara online. Pengurusannya bisa dilakukan lewat Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach (RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.