Ribuan Pencari Kerja Serbu Pekanbaru Job Fair di Hotel Mutiara Merdeka

Pencari-kerja-job-fair.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemeran kesempatan kerja atau Job Fair kembali digelar, Selasa 7 Maret 2023. Ribuan pencari kerja berdatangan sejak pagi ke arena Job Fair di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru.

Para pencari kerja ini tidak hanya dari Kota Pekanbaru, melainkan juga berbagai daerah dan kota lainnya. Mereka ada yang datang dari Perawang, Bengkalis, Dumai, Rokan Hulu hingga dari Sumatera Barat.

Seperti Yuda, ia sengaja datang dari Perawang, Kabupaten Siak untuk menyampaikan lamaran kerja dalam ajang Pekanbaru Job Fair Hybrid 2023.

Dirinya menempuh perjalanan hampir dua jam menuju Kota Pekanbaru demi bisa mendapat pekerjaan.

"Baru datang Selasa pagi ini, ya pengen cari kerja baru saja. Sama tambah pengalaman juga," ujar pemuda 20 tahun.

Lulusan SMK di Lampung ini mengaku dapat informasi tentang adanya Pekanbaru Job Fair dari grup WhatsApp. Ia pun berencana melayangkan lamaran dan menjalani wawancara di dua perusahaan untuk mengisi posisi teknisi jaringan.


Pemuda lulusan SMK tahun 2021 ini mengaku memang sudah memiliki pekerjaan. Namun ia berencana mencari pekerjaan baru dalam dua hari ini. 

"Ya kemungkinan dua hari di sini, hari ini dan besok. Optimis lah diterima, untuk syarat sudah kita lihat juga," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Syamsuir mengatakan, Pekanbaru Job Fair Hybrid 2023 bakal berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini berlangsung hingga, Kamis 9 Maret 2023.

Para pencari kerja atau pencaker tidak dipungut biaya dalam kegiatan ini alias gratis. Ia menyebut total ada 1.549 lowongan yang tersedia di 44 perusahaan.

Perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor sehingga para pencaker punya kesempatan besar. Ia mengingatkan para pencaker harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Mereka bisa mendaftar lewat laman Siapkerja Kemenaker RI. 

Para pencaker yang sudah terdaftar bisa masuk ke arena Pekanbaru Job Fair 2023. Mereka juga bisa membawa dokumen seperti surat lamaran kerja, CV dan dokumen pendukung lainnya.