3 Tahun Vakum, Pameran Kesempatan Kerja Dibuka Kembali

Job-fair-di-pekanbaru5.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ajang pameran kesempatan kerja kembali bergulir setelah tiga tahun vakum. Job Fair kali ini berlangsung di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru selama tiga hari mulai Selasa, 7 Maret hingga Kamis 9 Maret 2023.

Sekitar seribu lowongan kerja tersedia pada ajang Pekanbaru Job Fair tahun ini. Para pencari kerja bisa mengajukan lamaran ke perusahaan tujuan. Ada sebanyak 44 perusahaan yang terdaftar mencari pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Syamsuir mengatakan bahwa para pencari kerja atau pencaker tidak dipungut biaya dalam kegiatan ini alias gratis. Kegiatannya juga berlangsung secara hybrid. 

"Jadi selama tiga hari, para pencari kerja bisa mengajukan lamaran ke perusahaan. Total ada 1.549 lowongan yang tersedia di 44 perusahaan," jelas Syamsuir dalam sambutannya. 


Ia menyebut, perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor sehingga para pencaker punya kesempatan besar. Ia mengingatkan para pencaker harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu lewat laman Siapkerja Kemenaker RI.  

Para pencaker yang sudah terdaftar bisa masuk ke arena Pekanbaru Job Fair 2023. Mereka juga bisa membawa dokumen lainnya seperti surat lamaran kerja, CV dan dokumen pendukung lainnya. 

Pihaknya menargetkan dalam sehari ada sekitar 1.500 orang pencari kerja yang datang ke ajang Pekanbaru Job Fair. Namun ada kemungkinan jumlah pelamar bisa lebih dari itu karena ajang Pekanbaru Job Fair sudah lama tidak digelar.

Pembukaan Job Fair hari pertama ini juga dihadiri Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta serikat pekerja.