DPRD Pekanbaru Minta Kepolisian Usut Tuntas Penyebab Kebakaran MPP

MPP-Terbakar4.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, meminta polisi mengusut tuntas penyebab kebakaran Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. Insiden ini dikatakannya harus diusut tuntas agar tidak terulang kembali.

"Pastinya kami mendorong kepolisian untuk bisa mengungkap, menyelidiki lebih dalam lagi apa penyebab dari peristiwa kebakaran. Apakah ini murni misalkan human error ataukah technical error atau seperti apa. Tim Forensik baiknya juga diturunkan," ucap Azwendi, Selasa, 7 Maret 2023.

Azwendi menjelaskan, penyebab kebakaran harus diungkap agar tidak memunculkan anggapan adanya unsur kesengajaan atas peristiwa itu di tengah masyarakat. Apalagi, lanjutnya, kejadian tersebut merupakan kasus pertama sejak gedung itu berdiri.

"Gedung ini dulunya kantor Wali Kota, lalu dialihkan menjadi MPP. Pastinya soal keamanan dan sebagainya tidak mungkin asal-asalan. Ini harus diungkap agar tidak terjadi spekulasi-spekulasi liar di masyarakat karena peristiwa kebakaran ini," terangnya.

Politikus Demokrat itu pun enggan berspekulasi lebih jauh terkait penyebab kebakaran sampai penyelidikan polisi rampung.


"Makanya kami berharap peristiwa ini, sudah ada kejelasan lewat apa, ya harus di selidikilah oleh pihak kepolisian. Tidak boleh dipandang enteng peristiwa begini, harus kita ketahui bahwa modus penyebab terjadinya kebakaran," tandasnya.

Sementara, Polresta Pekanbaru sudah meminta keterangan sejumlah saksi yang saat itu berada di lokasi kejadian.

Pelaksana harian Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Manapar Situmeang mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan dari 12 orang. 

“Ada 12 orang saksi-saksi yang kita periksa,” ujarnya.

Terkait untuk dugaan penyebab kebakaran masih dalam observasi Tim Labfor Polda Riau. 

“Kita tunggu dari Labfor penyebab kebakarannya,”  sebut Kompol Manapar.