MPP Kebakaran di Akhir Pekan, Pengamat: Jadi Tanda Tanya Masyarakat

MPP-Terbakar4.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hebat terjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Ahad, 5 Maret 2023. Si jago merah melahap bangunan permanen di Jalan Jenderal Sudirman itu secepat kilat.

Pengamat pemerintahan, Tito Handoko, kepada RIAU ONLINE mengatakan, pemerintah harus segera antisipasi dan merecovery karena MPP Pekanbaru merupakan layanan sistem. 

"Terbakar di akhir pekan, tentu ini menjadi tanda tanya masyarakat. Ada apa?" kata pengamat pemerintahan dari Universitas Riau.

Dilanjutkannya meski sistem sudah didominasi online dan itu harus diselamatkan terlebih dahulu. Menurutnya, ia pun masih menunggu info lebih lanjut terkait dimana saja yang terbakar. 


"Kita harus tahu, dulu dimana yang terbakar, apakah pada sistem terpadunya saja, atau juga ruang kerja walikota dan sekda," ungkapnya.

Dalam sistem berbasis online semua data vital bisa diselamatkan semua. Namun, tetap saja proses itu mengganggu karena ini merupakan kecelakaan.

"Dalam prospek administrasi publik tentu saja mekanisme konvensional ke online bisa diantisipasi. Pemerintah juga harus segera memberikan statement terkait dengan layanan tersebut," terangnya.