Kebakaran MPP Pekanbaru, Pengamat Ingatkan Pemko Utamakan Mitigasi

MPP-terbakar12.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran yang terjadi di Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi perhatian seluruh elemen. Pusat pelayanan masyarakat Kota Pekanbaru itu kini masih dalam proses pendinginan oleh pihak pemadam kebakaran.

Adanya insiden itu, turut mendapat sorotan dari pengamat pemerintahan dari Universitas Riau (Unri), Tito Handoko. Menurut Tito, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru harus segera memberikan keterangan terkait kebakaran dan dampaknya bagi pelayanan masyarakat, serta waktu perbaikan yang dibutuhkan.

"Tentunya jika semua terbakar, harus berkoordinasi dengan segala lini. Pak wali sendiri memberi statement kapan layanan akan segera pulih dan Diskominfo juga harus segera beritahu publik," tegasnya, Minggu, 5 Maret 2023.

Pasalnya, kata Tito, masyarakat harus mendapat kepastian terkait pelayanan di MPP Pekanbaru setelah terjadinya insiden kebakaran yang melahap seluruh bagian bangunan. 


Kendati bangunan MPP Pekanbaru sudah habis terbakar, Tito meyakini berkas berbasis online masih ada.

"Untuk berkas online saya yakin masih ada. Tapi, yang hangus itu yang belum tahu. Ini pun jadi catatan penting bagi pemerintah agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali," ucapnya.

Mekanisnya rescue dan mitigasi pun menjadi hal utama yang harus dilakukan pemerintah dalam insiden ini. Kecurigaan pasti muncul dari berbagai pihak khususnya masyarakat awam.

"Setiap kantor pemerintah kan ada racun apa dan penjaganya. Nah, ini tentu berkaitan dengan mitigasi. Ke depan banyak hal yang harus diurus di MPP dan semoga pihak kepolisian pun mengusut ini dengan seterang-terangnya," tegasnya lagi.