Antisipasi Kecelakaan Kerja, Disnakertrans Riau Bentuk Satgas K3

Satgas-K3-Disnakertrans-Riau.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kerap terjadi kecelakaan kerja kepada karyawan perusahaan, membuat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau membentuk Tim Satgas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Tidak hanya korban luka, insiden kecelakaan kerja juga merenggut nyawa pekerja. Hal ini telah terjadi di beberapa perusahaan besar di Bumi Lancang Kuning.

Dari data yang dirangkum RIAU ONLINE, terdapat 11 orang meninggal dunia sejak 2021 hingga 2023. Mereka yang meninggal di lokasi kerja terdiri dari 6 orang, diduga karena sakit dan 5 orang karena kecelakaan kerja. 

Kemudian, baru-baru ini terjadi ledakan pipa di sumur Bekasap yang menyebabkan satu pekerja tewas dan tiga orang lainnya luka-luka.

Ledakan tersebut terjadi di fasilitas pipa yang sudah tidak dipakai saat kegiatan pemeliharaan rutin dan pemanfaatan. Peristiwa naas itu terjadi di Kampung Dayun, Kabupaten Siak, Riau. 

Lalu, ada peristiwa terpaparnya sejumlah pekerja akibat gas buang saat startup mesin.


Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau, Rival Lino mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Riau akan membuat Tim Satuan Tugas (Satgas) K3 untuk mengatasi permasalahan kecelakaan kerja.

"Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi akan membentuk Satgas Pembinaan, Pemeriksaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada setiap tempat kerja yang memiliki tingkat potensi bahaya tinggi," terangnya, Minggu, 5 Maret 2023.

Rival menyebut, dalam pelaksanaannya tim akan turun ke perusahaan untuk melaksanakan pembinaaan dan pemeriksaan.

"Tim sebanyak 15 atau 20 orang Pengawas Ketenagakerjaan akan datang untuk melakukan pembinaan dan pemeriksaan kepada seluruh kontraktor dan sub-kontraktornya. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan yang lain yang memiliki tingkat potensi bahaya tinggi," tutur Rival.

Lebih lanjut, Disnakertrans Provinsi Riau akan megeluarkan edaran kepada seluruh perusahaan di Provinsi Riau terkait pengawasan dan penerapan K3.

“Kita kemarin sudah membahas dan sudah mengumpulkan seluruh pengawas dan membentuk Tim Satgas K3. Kita juga keluarkan surat edarantentang pelaksanaan K3 secara menyeluruh di setiap tempat kerja di Riau,” tutupnya. (Adv Pemprov Riau)