Program PINTAR Tanoto Foundation Ikut Mencerdaskan Anak Bangsa

Program-pintar-tanoto.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mengapresiasi Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau PINTAR Tanoto Foundation dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Pekanbaru dalam kegiatan Joint Monitoring Program PINTAR Tanoto Foundation, Kamis, 2 Maret 2023.

Joint Monitoring merupakan kunjungan kerja para pihak, pemerintah daerah, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Bappeda Kota Pekanbaru dan Tanoto Foundation untuk melihat implementasi program dan praktik baik dari Program PINTAR Tanoto Foundation di Sekolah mitra SDN 25 dan SMPN 12 Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Nurbaiti, menyambut baik Program PINTAR yang telah berjalan sejak tahun 2018 hingga sekarang. Banyak hal menarik dari Program PINTAR yang diaplikasikan ke sekolah-sekolah mitra.

"Kami mengapresiasi kepada Tanoto Foundation yang telah membantu mencerdaskan anak bangsa, dengan cara meningkatkan kompetensi guru, dan ini sudah terbukti Tanoto Foundation sudah banyak membantu kita. Apresiasi  kepada guru dan kepala sekolah mitra Tanoto Foundation yang telah mengimplementasi Program PINTAR, atas eksistensinya menerapkan pembelajaran aktif, literasi, numerasi dan manajemen berbasis sekolah serta pelibatan peran orangtua dan masyarakat dalam pendidikan," ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 25 Pekanbaru, Dewi Sukmawaty mengatakan, SDN 25 Pekanbaru sejak menerapkan Program PINTAR telah mengimplementasikan pembelajaran aktif, Manajemen Berbasis Sekolah, Budaya Baca, Numerasi dan Partisipasi Masyarakat.


"Program PINTAR Tanoto Foundation telah kami terapkan dan banyak praktik baik yang dihasilkan, seperti guru dan kepala sekolah mendapatkan pendampingan dan pelatihan  bahkan orang tua siswa pun mendapatkan pelatihan, semuanya tidak terlepas dari dukungan Tanoto Foundation untuk memajukan pendidikan di Pekanbaru khususnya di sekolah mitra," ungkapnya.

Di waktu yang berbeda, Joint Monitoring di SMPN 12 Pekanbaru disambut baik oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SMPN 12 Pekanbaru Abdul Gani mengatakan, pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah memberikan dukungan dan masukan kepada sekolah agar proses belajar mengajar di SMPN 12 menjadi baik, banyak hal dan praktik baik yang dihasilkan dari Program PINTAR Tanoto Foundation.

"SMPN 12 sudah bermitra dengan Tanoto Foundation dari 2018, tentu banyak hal yang telah kami implementasikan dari Program PINTAR seperti, pembelajaran aktif, Manajemen Berbasis Sekolah, Budaya Baca, Numerasi dan Partisipasi Masyarakat. Di SMP 12 kami memiliki Fasilitator Nasional (Fasnas)  di mana Fasnas ini akan berbagi ilmu melatih guru-guru lainnya," jelasnya. 

Dendi Satria Buana, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau mengatakan, sejak tahun 2018 hingga saat ini Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Bengkalis telah berkontribusi melatih, pendampingan kepala sekolah, guru dan pengawas serta peningkatan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains.

Di samping itu juga program pengembangan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan mendemonstrasikan model-model praktik baik dalam pengajaran dan pembelajaran serta kepemimpinan sekolah. Program PINTAR Tanoto Foundation merupakan program nyata yang turut serta dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Program yang telah diterapkan oleh berbagai sekolah diterima dengan baik oleh sekolah mitra.

Program PINTAR meningkatkan capaian siswa melalui tiga pilar kerja, yaitu: Peningkatan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains. Disamping itu juga program pengembangan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan mendemonstrasikan model-model praktik baik dalam pengajaran dan pembelajaran serta kepemimpinan sekolah. Mendorong keterlibatan orang tua untuk mendukung pembelajaran siswa di rumah dan sekolah.