Kota Pekanbaru Masuk Daerah Penyumbang Inflasi

Ilustrasi-inflasi3.jpg
(Liputan6.com/Johan Fatzry)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tingkat inflasi di Kota Pekanbaru dari bulan ke bulan pada 2023 mengalami penurunan sebanyak 0,3 persen. Meski begitu, Pekanbaru termasuk daerah yang menjadi penyumbang inflasi.

"Turun dari 0,93 menjadi 0,63 persen, ini mengalami penurunan karena ada upaya kita bersama," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin sore, 27 Februari 2023.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru dengan mengawasi distributor. Ia tidak ingin ada oknum yang menimbun bahan pokok.

Dirinya juga tidak ingin ada oknum melakukan pengoplosan bahan pangan. Ia menyebut, tim sudah meninjau pasokan bahan pangan di Gudang Bulog Wilayah Riau-Kepri. 


"Terkait pasokan beras, untuk Pekanbaru cukup, ia juga berharap harga beras tetap stabil. Karena harga beras berpotensi menyumbangkan inflasi," ungkapnya.

Kemudian TPID melakukan kerjasama dengan daerah penghasil sayuran maupun cabai. Kerjasama ini antara koperasi karyawan dengan produsen di daerah penghasil.

"Modalnya dari koperasi karyawan, nanti akan gandeng PT Sarana Pangan Madani, bisa memetakan daerah penghasil dan lokasi pengantarannya," paparnya.