VIDEO: Bual YP, Undang Atuk Annas Maamun, dari Guru Menuju Gubernur

Annas-Maamun-dan-Yan-Prana.jpg
(Sarmarita Rahmadhani/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan Gubernur Riau, Annas Maamun, untuk pertama kalinya berbagi pengalamnannya membangun Bumi Lancang Kuning bersama mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya.

Dalam program Bual YP bersama RIAU ONLINE, Yan Prana menilai sosok yang akrab disapa Atuk Annas itu berhasil membangun Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Terbukti, jejak mantan Bupati Rohil itu dapat dirasakan hingga kini, terutama pada pembangunan yang kian maju di daerah tersebut.

"Sampai sekarang itu Bagansiapiapi ramai perekonomian hingga malam. Itu jadi kota yang maju sampai saat ini. Itu upaya beliau selama 10 tahun jadi Bupati Rohil," katanya kepada RIAU ONLINE, Selasa, 24 Januari 2023.

 

 

Atuk Annas pun berkisah saat dirinya menapaki karir yang dimulai sebagai tenaga pengajar selama 18 tahun. Pada 1 Oktober 1960 Atuk Annas menjadi guru di SMP Negeri 2 Pekanbaru, lalu pindah ke SMP Negeri Bagan.

"Kemudian saya pindah bekerja ke Pembangunan Masyarakat Desa (PMD), langsung menjadi kepala seksi. Saya kalau bekerja sungguh-sungguh," katanya.


Selama menjadi pejabat, Atuk Annas mengaku menjalankan amanah dengan benar. Sebab kata dia, tidak mudah mendapat kepercayaan dari berbagai pihak.

"Saya dikenal orang, makanya saat saya maju legislatif saya dikenal orang. Saya sering bertemu orang-orang, melobi orang, supaya anggaran dikucurkan ke Rohil. Untuk masyarakat Rohil," terangnya.

Meski tidak lagi menjadi orang nomor satu di Provinsi Riau, Atuk Annas ingin memajukan Tanah Melayu ini dari segi pembangunan. Terlebih lagi, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan pembangunan di Riau.

"Makanya saya maju jadi Gubernur Riau dan mulai membangun. Meneruskan kerja saya semasa Bupati Rohil. Tapi Gubernur skalanya lebih besar. Lebih banyak yang saya bangun," kata Atuk Annas.

Kini, Atuk Annas menarik perhatian dengan kembali terjun ke dunia politik. Atuk Annas membuktikan kesungguhannya memajukan Provinsi Riau dengan bergabung ke Partai Ummat.

Bergabungnya Atuk Annas yang sempat berseragam Partai NasDem ini disambut oleh partai besutan Amien Rais itu.

"Iya ini sudah resmi bergabung dengan partai Ummat," ujar Wakil Ketua DPW Partai Ummat Riau, Said Lukman, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurut Said, Atuk Annas ingin berjuang menegakkan keadilan, melawan kebatilan, sebagaimana semangat Partai Ummat.

Bahkan, Partai Ummat berencana mempersiapkan Atuk Annas sebagai calon Gubernur Riau dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

"Kami siapkan untuk Gubernur Riau," tegasnya.

Atuk Annas sebelumnya sempat menjadi orang nomor satu di Riau pada Pilkada 2024 lalu bersama Arsyadjuliandi Rachman. Namun belum lama menjabat, Atuk Annas harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran terseret kasus suap izin usaha perkebunan.