Duh, Tugu Selais Ambruk Belum Diperbaiki, Warga: Kasihan Ikannya

Tugu-slais-ambruk2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ikon Kota Pekanbaru, Tugu Selais Tiga Sepadan yang ambruk pada Kamis, 23 Februari, kemarin belum kunjung dibenahi. Kondisi tiga ekor ikan selais tersebut masih dalam posisi rebah.

Pantauan RIAU ONLINE, Jumat 24 Februari 2023, tugu yang awalnya berdiri dan menghadap langit, sekarang sudah patah dan hampir jatuh. Sejumlah warga tampak mengabadikan foto.

"Belum diperbaiki juga ya. Kasihan ikannya lelah, mungkin karena faktor cuaca atau sudah rapuh," ujar Anto, satu pengendara di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi tidak menampik bahwa tugu tersebut ambruk pada Kamis pagi. Ia menjelaskan, ambruknya tugu ikonik Kota Pekanbaru akibat bagian pangkal tugu yang patah.

Dirinya menyebut bahwa beberapa hari ini cuaca cukup ekstrem dan angin juga kencang. Bagian tugu yang sudah dimakan usia juga menjadi faktor lain ambruknya tugu ikonik tersebut.


"Kita sudah dapat laporan dari lapangan bahwa ada bagian tugu yang patah. Kita segera evakuasi tugu ini dari lokasi untuk diperbaiki kembali," paparnya.

Ada rencana proses perbaikan dilakukan di Workshop DLHK Kota Pekanbaru. Ia menyebut perbaikan tugu itu nanti dibidangi oleh Bidang Pertamanan DLHK Kota Pekanbaru.

Namun belum dipastikan berapa lama proses perbaikan tugu itu berlangsung. Apalagi kondisi tugu sudah dimakan usia.

"Segera dilakukan perbaikan, dengan swakelola. Kita lihat nanti berapa hari bisa diperbaiki," jelasnya.