Pemasangan Pipa Pompanisasi Air Irigasi Bikin Rusak Jalan Desa di Siak

Jalan-desa-di-siak-rusak.jpg
(Hendra Dedafta/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Proyek pemasangan pipa pompanisasi air irigasi (P3AI) untuk persawahan di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, mengakibatkan kerusakan jalan di Desa Tuah Indrapura.

P3AI dilakukan di areal persawahan di beberapa desa di Kecamatan Bungaraya, namun ada beberapa titik yang harus melewati jalan Kabupaten di beberapa desa, seperti di Desa Kemuning Muda dan Tuah Indrapura. 

Pemotongan jalan untuk P3AI langsung diperbaiki dengan cara di cor ulang, namun yang berada di Desa Tuah Indrapura sudah mulai rusak.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID jalan rusak menyulitkan pengendara yang lewat, apalagi saat musim hujan, proyek besar seperti ini seharusnya tidak sampai merusak fasilitas yang lain.

Humas P3AI, Udin, kepada RIAU ONLINE mengatakan, perbaikan jalan raya akan dilakukan setelah pemasangan pipa dilakukan.


"Selesai pemasangan langsung kami cor, itu pun akan kita aspal, informasi dari atasan pengaspalan seharusnya pertengahan Januari lalu, namun karena terkendala alat sampai sekarang belum dilakukan pengaspalan," kata Udin, Rabu, 22 Februari 2023. 

Udin mengatakan P3AI sekarang sudah di tahap perawatan, diperkirakan hingga akhir Desember mendatang. 

"Saya konfirmasi ke atasan lagi untuk pengaspalan," tutup Udin.  

P3AI tahap II ini merupakan proyek Balai Wilayah Sumatera III SNVT PJPA Sumatera III Provinsi Riau PPK Irigasi dan Rawa I. 

Proyek P3AI ini memiliki nilai kontrak Rp 32.563.004.686.84 dengan waktu pelaksanaan 300 hari kalender. Sementara kontraktor pelaksananya adalah PT Cahaya Sriwijaya Abadi dengan tanggal kontrak 23 Februari 2021. 

Sedangkan konsultan supervisi PT Globetek Glory,  konsultan KSO. CV Atrium Arsitek, konsultan perancang KSO. CV Andika Penta Mandiri, konsultan sumber dana APBN Tahun Anggaran 2021.