Pedagang Pasar Cik Puan Ogah Direlokasi ke Bangunan Pasar yang Terbengkalai

Kebakaran-Pasar-Cik-Puan9.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para pedagang di Pasar Cik Puan belum bisa berdagang lantaran kiosnya kini tinggal puing. Mereka menjadi korban dalam insiden kebakaran pada akhir pekan kemarin.

 

Ratusan kios pedagang pun hangus dan rata dengan tanah. Rencananya para untuk sementara para pedagang bakal ditempatkan di bangunan terbengkalai dalam area pasar itu. Mereka berjualan sementara di sana sembari proses pembersihan puing bekas kebakaran.

 

Namun rencana tersebut nyatanya tidak diterima sejumlah pedagang. Mereka ada yang menolak berjualan di bangunan pasar yang sudag lama terbengkalai dan tidak terawat.

 

"Tak mau lah kita, bangunan lama itu tak terawat. Seram pula," papar salah satu pedagang di Pasar Cik Puan, Selasa 21 Februari 2023.

 

Pantauan riauonline.co.id, bangunan Pasar Cik Puan masih terbengkalai setelah bertahun-tahun mangkrak. Kondisi bangunan berlantai tiga di Jalan Tuanku Tambusai ini terbengkalai tanpa dinding.

 


Rangkaian pembangunannya sendiri berlangsung pada tahun 2010 silam, namun hingga kini belum ada perkembangan berarti. Pemerintah Kota Pekanbaru belum memastikan kelanjutan pembangunan pasar tersebut.

 

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Hendra Putra menyebut, rencana relokasi tersebut bakal sesuai kesepakatan dengan para pedagang pasar.

 

 

 

Pihaknya hingga kini masih menjaring aspirasi dari para pedagang di Pasar Cik Puan. Lokasi tersebut juga dibersihkan lebih dahulu sebelum ditempati pedagang untuk sementara.

 

"Kalau seandainya pedagang mau, kita akan geser ke bangunan yang ada ini, di bagian bawah saja. Ada pedagang kering di kios, kemudian di bagian belakang pedagang basah, sayuran, ikan, daging dan ayam. Itulah langkah yang kita coba tawarkan," jelasnya.