Mimi Lutmila dan Rusli Ahmad Penuhi Syarat Bakal Calon DPD RI

Ketua-kpu-riau2.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rekapitulasi hasil Verifikasi Administrasi (Vermin) perbaikan pasca putusan Bawaslu terhadap Syarat Dukungan Minimal Pemilih Bakal Calon (Balon) anggota DPD pada Pemilu 2024 telah selesai.

Sebelumnya, tiga nama mengajukan gugatan ke Bawaslu Riau. Namun, hanya dua Balon anggota DPD Daerah Pemilihan Provinsi Riau yang diberi kesempatan 2x24 jam untuk melakukan penginputan dokumen (KTP dan/atau F1) yang gagal upload ketika vermin perbaikan sebelumnya ditetapkan KPU Riau memenuhi syarat dukungan administrasi.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Pasca Putusan Bawaslu terhadap Syarat Dukungan Minimal Pemilih Bakal Calon Anggota DPD pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Kantor KPU Riau, Senin, 20 Februari 2023 silam.

“Setelah diberikan kesempatan 2x24 jam kepada ketiga Bacalon DPD untuk untuk melakukan penginputan dokumen (KTP dan/atau F1) yang gagal upload ketika verifikasi administrasi perbaikan sebelumnya, hari ini kita lakukan proses rekapitulasi terhadap dukungan ketiga Bacalon,” kata Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir.

Ilham melanjutkan, dari jumlah dukungan setelah perbaikan, Mimi Lutmila dan T Rusli Ahmad dinyatakan memenuhi syarat dukungan administrasi karena telah mencapai syarat dukungan minimal yaitu 2000 dukungan dan sebaran dukungan paling kurang di 50 persen dari total daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Sedangkan Saut Sihombing ditetapkan tidak memenuhi syarat karena jumlah dukungan pemilihnya kurang dari 2000. Sehingga tidak dapat lanjut ke tahap berikutnya,” sambung Ilham.

Dengan ditetapkannya kedua Bacalon Anggota DPD memenuhi syarat dukungan administrasi, maka jumlah Bacalon DPD yang lanjut ke tahap verifikasi faktual kesatu menjadi 36 Bacalon DPD.

Berikut nama-nama Balon anggota DPD RI:

1. Lampita Pakpahan

2. Elfenni Erdianta BR Bangun

3. Hopea Ingvirnia Erwin

4. Misharti

5. Juprizal

6. Sonny Magranta Silaban

7. Kharisman Risanda

8. Edwin Pratama Putra

9. Biran Affandi Yusriono


10. Romwel Sitompul

11. Martius Busti

12. Benson Sinaga

13. Rizaldi Putra

14. Oskar Oris

15. Muhammad Mursyid

16. Herman Maskar

17. Patar Sitanggang

18. Pebrialin Razak

19. Arief Eka Saputra

20. Puji Daryanto

21. Rido Rikardo

22. Sondia Warman

23. H. M. Rizal Akbar

24. Maimunah

25. Sewitri

26. Herdi Salioso

27. Yosrizal

28. Marjoni Hendri

29. Alpsirin

30. Chaidir

31. Abdul Hamid

32. Ichwanul Ihsan

33. Eddy Budianto

34. T. Nazlah Khairati

35. Mimi Lutmila

36. T. Rusli Ahmad