VIDEO: Inilah Objek Wisata Baru di Siak, Mempura Skywalk, Jembatan Kaca dengan Jutaan Lampu

Mempura-Skywalk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, SIAK - Mempura Skywalk, wisata baru di Kabupaten Siak, yang bakal diresmikan langsung oleh Bupati Siak, Alfedri, pada Kamis, 16 Februari 2023, sekitar pukul 20.00 WIB.

Mempura Skywalk berada di Kecamatan Mempura yang dibangun Pemerintah Kabupaten Siak sejak 2022. Objek wisata baru yang mengusung tema "Menata Mempura ala Singapura" ini dibangun di tepian sungai seberang Kota Siak yang berhadapan dengan Sungai Jantan Gedung Mahratu Siak.

 

 

Skywalk ini diberi nama Tengku Buwang Asmara. Tengku Buwang Asmara merupakan seorang Sultan II Kerajaan Siak yang memerintah pada 1746-1760 dan kini tengah digadang-gadang sebagai pahlawan nasional dari Bumi Lancang Kuning. 

Sepanjang menyeberangi jembatan berlantaikan kaca tembus pandang ini, pengunjung akan merasakan sensasi berjalan di atas Sungai Siak. 


Di malam hari, Mempura Skywalk Tengku Buwang Asmara, dihiasi lampu-lampu berkelipan yang siap memanjakan mata pengunjung. 

Kepala Dinas Pembangunan Umum Tarukim Siak, Irving Kahar, mengatakan ada beberapa skywalk di Indonesia yang menjadi inspirasinya dalam membangun Mempura Skywalk Tengku Buwang Asmara.   

Namun, kata Irving, keistimewaan Mempura Skywalk tidak hanya dapat memacu adrenalin, pengunjung juga akan dimanjakan dengan panorama sepanjang menyeberangi jembatan kaca ini. 

Panorama yang dihadirkan merupakan keindahan alam yang masih alami. Bukan merupakan taman buatan seperti pada beberapa contoh yang telah disebutkan itu.  

Dari Mempura Skywalk Tengku Buwang Asmara pengunjung dapat menikmati keindahan Istana Asserayah Hasyimiah dan Water Front City secara bersamaan.  

“Karena berada tepat di posisi berseberangan,” kata Irving lagi.  

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan Sungai Siak dengan berbagai macam aktivitas lalu lintas kapal besar, tongkang, dan perahu nelayan yang melaluinya tanpa harus melintasi Sungai Siak.  

“Karena Skywalk Mempura dibangun dengan konsep menyusuri tepian sungai, berbeda dengan Jembatan Gentala Arasy yang melintasi sungai secara langsung,” jelasnya. 

Dari Mempura Skywalk pula, pengunjung dapat melihat Kampung adat, Kampung Tengah, yang merupakan kampung tua di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. Kawasan ini tidak terpisahkan dengan kota pusaka (heritage).   

“Pembangunan skywalk adalah untuk menyajikan atau melihat dengan sisi berbeda dari kampung tua itu sendiri,” kata dia.