DPRD Minta Syamsuar Beri Kepastian Riau Tuan Rumah Porwil 2023

Syamsuar558.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Syafruddin Poti, meminta Gubernur Riau, Syamsuar, segera membuat surat keputusan jika Provinsi Riau bersedia menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023.

"Saya sarankan, kalau untuk usulan KONI ke Pemprov Riau, tentu Gubri membuat surat dan menyatakan Riau siap sebagai tuan rumah Porwil," katanya, Selasa, 14 Februari 2023.

Sementara Porwil direncanakan berlangsung pada Oktober-November 2023 mendatang. Karenanya, Poti meminta perbaikan sarana dan prasarana.

"Tapi anggaran pemeliharaan sarana dan prasarana juga tak ada. Jadi kami minta Pemprov Riau mengeluarkan SK, kita sebagai tuan rumah. Terkait sumber dananya kita cari regulasi yang tepat. Supaya kalau harus dilaksanakan tak jadi persoalan di belakang hari," tuturnya. 


Poti menuturkan, berdasarkan rencana KONI Riau, anggaran yang diperlukan sekitar Rp 22,9 miliar. Namun, terangnya, pihaknya belum melihat rincian proposalnya.

"Maka kita berbicara tentang darimana sumber dananya. Kalau pergeseran harus ada peraturannya. Kalau APBD Perubahan harus ada usulan," terang Politikus PDI Perjuangan itu.

Wacana Porwil di Riau digagas oleh KONI Pusat setelah Aceh dan Jambi menolak menjadi tuan rumah.

"Pada prinsipnya Porwil ini bagus dalam hal peningkatan ekonomi. Tentu nanti banyak orang yang berkunjung ke Riau," tutup Poti.