Arena Pacu Jalur Lubuk Terentang Porak-poranda Akibat Aktivitas Rakit PETI

Rakit-PETI-di-kuansing.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Lokasi yang setiap tahun menjadi arena Pacu Jalur di Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuansing, berada di Desa Lubuk Terentang kini porak poranda adanya aktivitas rakit Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Aktivitas rakit PETI terlihat terang-terangan melakukan aktivitas. Meskipun sebelumnya pernah dirazia oleh aparat kepolisian rakit-rakit tersebut kembali beroperasi.

Dari pantauan di lapangan, Minggu, 12 Februari 2023, ada puluhan rakit PETI terlihat secara terang-terangan melakukan aktivitas dan memporak - porandakan aliran sungai batang kuantan di sepanjang arena pacu di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar.


Kondisi arena yang menjadi tempat pacu jalur tingkat rayon tersebut kini makin memprihatinkan. Warga sekitar pun sudah tidak mampu untuk melarang aktivitas ilegal tersebut karena tingginya konflik sosial.

Informasi yang berhasil dirangkum wartawan dari masyarakat sekitar, puluhan rakit PETI yang beraktivitas di arena pacu jalur ini sudah berlangsung sejak seminggu terakhir. Bahkan hampir setiap hari jumlah rakit terus bertambah.