Harga Cabai Turun Usai Wamendag Sidak Pasar di Pekanbaru

Cabai-merah-di-pasar-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga komoditi pangan di pasar tradisional Kota Pekanbaru mengalami penurunan satu hari pasca inspeksi mendadak (sidak) Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga.

Jerry pada kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru mendatangi pasar tradisional guna melihat langsung kondisi harga bahan pokok. Ia mendatangi Pasar Cik Puan dan Pasar Limapuluh.

Saat ini sebagian besar harga komoditi pangan di Kota Pekanbaru mengalami penurunan. Seperti cabai merah yang turun harga Rp 8.000 per kilogram menjadi Rp 52 ribu per kilogram.

Harga bawang merah juga turun, dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Harga cabai rawit turun drastis dari Rp 60 ribu per kilogram menjadi Rp 48 ribu per kilogram.


Namun untuk cabai merah, para pedagang tidak bisa memprediksi karena bisa saja tiba-tiba melonjak. Mereka belum bisa memastikan harga cabai merah pada esok hari. 

"Sekarang harga cabai merah dan lainnya masih normal, tapi kalau cabai besok bisa naik," ujar satu pedagang di Pasar Limapuluh Pekanbaru, El Siahaan, Minggu, 12 Februari 2023.

Dirinya mengakui, harga cabai merah sempat tinggi beberapa hari lalu. Namun setelah wakil menteri datang mendadak harga cabai dan sejumlah komoditi pangan lainnya pun ikut turun.

Walau demikian, El menyebut ada sejumlah komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga seperti bawang putih naik Rp 4.000 menjadi Rp 28.000 per kilogram.

"Kentang juga naik dari Rp 12.000 menjadi Rp 15.000 per kilogram. Ya memang itu agak naik, tapi selain itu masih normal harganya di pasar," jelasnya.