Wujudkan Zero Carbon City, Pemko Pekanbaru Jalin Kerjasama dengan Kota Kawasaki

Muflihun66.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru menjalin kerjasama dengan Kota Kawasaki dalam upaya mewujudkan Zero Carbon City. Kedua pihak melakukan penandatangan letter of intent atau surat pernyataan awal kerjasama di Jatra Hotel Pekanbaru, Kamis 9 Februari 2023.

 

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menyambut baik hadirnya rombongan dari Kota Kawasaki yang hadir dalam kegiatan ini. Pemerintah kota  berterima kasih atas jalan kerjasama dengan Kota Kawasaki.

 

Muflihun menyebut kerjasama meliputi berbagai bidang. Satu di antaranya upaya mewujudkan Zero Carbon City. Ada juga kerjasama pengembangan transportasi ramah lingkungan.

 

Lebih jauh Muflihun menyampaikan, kerjasama ini juga dalam upaya membangun pembangkit energi terbarukan hingga optimalisasi penggunaan energi.

 

"Bila semua terwujud, tentu bisa berdampak bagi masyarakat dalam mengurangi efek rumah kaca. Kita ingin menekan pencemaran lingkungan, walau sektor energi sangat penting. Tapi pemerintah sudah menyusun road map mewujudkan zero carbon," ujarnya.

 


Pemerintah kota mengajak investor asal Kawasaki di berbagai bidang untuk kerjasama lainnya dalam bentuk pertukaran mahasiswa Pekanbaru dengan Kawasaki.

 

"Beri kita tunjuk ajar, sehingga ilmu teman teman Jepang bisa membaginya kepada mahasiswa kita. Demi menciptakan kaderisasi anak-anak anak bangsa. Semoga ke depan Pekanbaru bisa menjadi kota lebih maju dari kota lainnya di Indonesia," kata Muflihun.

 

Associate Manager Department Promosi Inovasi Biro Perekonomian dan Tenaga Kerja Kota Kawasaki, Hisayuki Yonemura menyampaikan, penandatangan letter of intent ini sebagai awal komitmen kerjasama dengan Pekanbaru.

 

Menurutnya, penandatangan ini adalah tindak lanjut dari kunjungan tiga tahun lalu ke Kota Pekanbaru. Kota Kawasaki sendiri punya strategi dalam menuju masyarakat nol karbon. 

 

 

 

"Kami promosikan dengan berbagai lembaga di Kawasaki," jelasnya.

 

Dirinya menyebut, kerjasama ini juga bentuk road map kota Zero Carbon. Mereka siap mendukung upaya memperkenalkan aktivitas perusahaan di Kawasaki yang ramah lingkungan.