Lebar dan Dalam, Lubang di Jalan Sultan Syarif Kasim Mirip Bekas Meteor Jatuh

Jalan-rusak14.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ruas jalan rusak masih terlihat di jalanan Kota Pekanbaru. Satu ruas jalan dengan kerusakan cukup parah seperti di Jalan Sultan Syarif Kasim. Kondisinya terdapat lubang besar menganga di badan jalan dengan diameter sekitar satu meter.

 

Mirisnya akses jalan tersebut menghubungkan pusat kota dengan Pasar Limapuluh. Setiap harinya masyarakat melintas di ruas jalan rusak tersebut.

 

"Lihatlah, sudah begitu parah kondisi jalan rusak dan berlubang. Macam bekas meteor jatuh," ujar satu pengguna jalan, Katman, Kamis 9 Februari 2023.

 

Proses perbaikan hingga kini masih belum kunjung dilakukan. Ruas jalan itu hanya satu dari ratusan titik ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru yang jumlahnya mencapai hampir 200 titik menyebar di beberapa wilayah kota.

 

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah tidak menampik masih ada ruas jalan rusak yang belum dibenahi. Ia meminta masyarakat bersabar menanti proses perbaikan ruas jalan rusak di wilayahnya.

 

Dirinya menyebut, satu kendala utama dalam perbaikan ruas jalan rusak yakni minimnya personel dan peralatan. Kondisi ini menyebabkan proses perbaikan ruas jalan belum optimal.


 

"Kami harap masyarakat bisa sabar dengan kondisi, karena ada keterbatasan armada dan peralatan untuk mendukung perbaikan ruas jalan rusak," terangnya.

 

Walau demikian, secara pasti pihaknya sudah melakukan perbaikan ruas jalan rusak di beberapa titik. Lokasi tersebut di antaranya sekitar Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Tuah Madani, Kecamatan Bina Widya hingga Kecamatan Pekanbaru Kota.

 

Pria disapa Edu meminta partisipasi masyarakat untuk memberi informasi terkait kondisi jalan rusak di lingkungannya. Ia menyebut, tim secara bertahap melakukan tambal sulam di ruas jalan rusak.

 

Sementara diketahui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau menggelontorkan anggaran perbaikan jalan di Kota Pekanbaru sebesar Rp 25 miliar.

 

 

 

 

 

"Anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan jalan provinsi di dalam kota Pekanbaru," Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Zulfahmi, Rabu, 1 Februari 2023.

 

Anggaran puluhan miliar itu digunakan untuk kegiatan rekonstruksi/peningkatan struktur jalan, pembebasan lahan pelebaran jalan, dan bantuan keuangan untuk perbaikan jalan di Kota Pekanbaru.