Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Sebut Akan Ada Pemecahan Puskesmas di Riau

Kadiskes-Riau6.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

LAPORAN: SOFIAH 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau yang terdiri dari daratan dan kepulauan tidak memungkiri untuk terus menambah dan memperluas pelayanan. Salah satunya dengan adanya kebijakan pemecahan puskesmas di kabupaten kota yang ada di Riau.

Kepada RIAU ONLINE, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, saat dikonfirmasi Ahad, 5 Februari 2023, mengatakan pemecahan puskesmas sesuai dengan kebijakan kepala Dinkes di kabupaten/kota.

"Sesuai kebijakan kepala Dinkes kab/kota maupun pemda kab kota. Lebih dari 10.000 penduduk atau dilihat luas wilayah yang ada. Prinsipnya bisa mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat," terangnya.

Terkait batasan pemecahan puskesmas setiap kecamatan yang ada, Zainal menyebut tidak ada batasan, bisa 3 puskesmas atau lebih. 

"Sesuai kebutuhan," imbuhnya.


Ia pun menegaskan bahwa pemecahan ini sudah bukan lagi wacana. Menurutnya, sudah menjadi kebijakan masing-masing kabupaten/kota untuk bisa menjangkau dan memberi pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Data dari Dinkes Prov Riau, saat ini, Riau sudah memiliki sebanyak 238 Puskesmas tersebar di seluruh kecamatan," paparnya.

Namun, dengan kondisi geografis Riau, sambung Zainal, sangat mungkin ratusan Puskesmas tersebut belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Riau dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal.

“Untuk satu Puskesmas per kecamatan sudah terpenuhi untuk saat ini. Hanya saja kita harapkan berdasarkan konsep geografis wilayah, kalau ada yang sangat luas sekali, silahkan untuk memecah diri. Kita juga menyadari ada kecamatan yang wilayahnya sangat luas,” urainya.

Dalam hal itu, ia pun mencontohkan seperti di seperti di Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan kondisi geografis wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, ada beberapa Puskesmas dipecah menjadi tiga. 

Zainal menegaskan untuk mengakomodir pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan di Riau, saat ini rata-rata keberadaan Puskesmas sudah terpenuhi. Dengan demikian, rentang kendalinya sudah semakin mengecil.

“Untuk konsep pemecahan Puskesmas kami sudah sampaikan ke masing-masing kabupaten kota,” tutupnya.