Hari Ini, Gubernur Riau dan Tiga Bupati Terima Penghargaan dari Kemendes

Syamsuar558.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

LAPORAN: SOFIAH

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Melancong ke provinsi tetangga yakni Kepulauan Riau tepatnya di Bintan, bersama dengan tiga bupati yang ada di Riau, rupanya Gubernur Riau, Syamsuar, mendapat undangan dari Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDTT) untuk menerima penghargaan. 

Penghargaan itu diserahkan dalam acara Pesta Rakyat Hari BUMDesa Nasional pada Kamis, 2 Februari 2023. Penyerahan penghargaan berlangsung di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan (Ex-Arena MTQ) Desa Teluk, Gunung Kijang, Bintan, dalam agenda pesta rakyat dalam rangka Hari BUMDesa.

Begitulah sebut Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik Riau, Erisman. Menurutnya, penghargaan itu sebagai apresiasi atas upaya dan kepeduliannya dalam membina dan mengembangkan ekonomi di pedesaan melalui penguatan BUMDesa dan BUMDesa Bersama di Provinsi Riau. 


"Selain Gubernur Riau, ada tiga Bupati dari Provinsi Riau yang juga diundang untuk menerima penghargaan, di antaranya Bupati Indragiri Hulu, Bupati Pelalawan, dan Bupati Rokan Hulu," katanya. 

 

Dikatakannya lagi, ini berkaitan dengan keberhasilan Pemerintah Provinsi Riau meraih prestasi tingkat pertama nasional sebagai provinsi dengan omset terbesar se-Indonesia untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang bergerak di bidang Unit Usaha Pangan untuk Oktober 2022, dan peran serta yang aktif dari Pemerintah Provinsi Riau untuk turut meningkatkan status dan pengembangan BUMDesa.

Lebih jauh, bupati yang diundang itu diberi penghargaan atas upayanya sehingga proses transformasi pembentukan BUMDesa bersama  Pengelola Dana Bergulir Masyarakat (DBM) eks Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM–MPd) mencapai target 100 persen. (Adv Pemprov Riau)