DPRD Riau Minta Pemprov Segera Realisasikan Anggaran 2023, Ini Alasannya

ILUSTRASI-ANGGARAN.jpg
(KEMENDAGRI.GO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau, Mardianto Manan, mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera merealisasikan kegiatan dan mencairkan anggaran 2023.

Hal itu ditegaskannya, supaya kejadian tahun lalu, di mana sejumlah proyek penting tidak terealisasi karena dana macet tak terulang. 

"Kami sudah minta ke Sekda, SF Hariyanto, tolong di penganggaran 2023, implementasinya disegerakan," pintanya, Rabu, 1 Februari 2023.

Berdasarkan pengetahuannya, sebelumnya Sekda dengan percaya diri menyebut akan mempercepat tender namun hingga akhir Januari belum ada progres. 

"Kalau Februari tidak juga (terlaksana) kami akan tegur Sekda, ingatkan kalau tahun 2022 banyak proyek besar yang batal, yang paling heboh Quran Center," kata Politikus PAN itu.


Mardianto menegaskan, seharusnya pemerintah provinsi menggesa penggunaan anggaran secara produktif. Ia menyayangkan jika modal pembangunan ini tak dimanfaatkan maksimal. 

"Masak memanfaatkan uang yang ada saja kita tidak bisa," cetusnya.

Terkait dengan proyek Quran Center yang ditargetkan selesai untuk digunakan di Hari Ulang Tahun Riau, menurutnya masih bisa terjadi. Tapi jika lewat penganggarannya, maka sulit mewujudkan Qur'an Center di Bulan Agustus. 

"Bisa saja, sepanjang anggaran dipercepat tentu bisa. Kalau ini Februari atau Maret baru diperpanjang tentu tidak bisa. Di Agustus ini tak akan terjadi," jelasnya.

Di sisi lain, ia mengingatkan meski beberapa proyek digesa pembangunannya agar tidak mengesampingkan kualitas pekerjaan. 

"Meski begitu jangan kerja serampangan, kontraktor dan konsultan harus serius bersama-sama mengerjakan," tutup Mardianto.