Diskes Imbau Warga Pekanbaru Segera Lengkapi Vaksin Sebelum Berbayar

Vaksinasi-di-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru diimbau untuk melengkapi vaksinasi. Masyarakat juga bisa mendapat vaksin booster untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengimbau warga segera melakukan dan melengkapi dosis vaksinasi. Apalagi saat ini vaksinasi masih gratis.

Kadiskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih tak menampik kabar bahwa rencananya vaksinasi bakal dikenai biaya. Namun, isu itu masih belum ada kepastian dan belum jelas sumbernya.

"Ada memang isunya akan berbayar untuk vaksin Covid-19, baru isu. Tapi ada baiknya kita segera mendapatkan vaksinasi mumpung sekarang gratis," kata Zaini, Minggu 29 Januari 2023.

Dirinya mengatakan, saat ini vaksinasi booster sudah bisa diakses masyarakat umum mulai dari usia 18 tahun hingga lansia.


"Silahkan diakses di fasilitas kesehatan, di puskesmas, rumah sakit dan mal vaksin di Jalan Melur," jelasnya.

Vaksinasi booster kedua sudah disampaikan sesuai SE Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster kedua Bagi Kelompok Masyarakat Umum yang diteken Dirjen P2P Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu pada 20 Januari 2023.

Dalam SE tersebut, berdasarkan rekomendasi Komite Ahli Penasihat Ahli Imunisasi Nasional dalam surat nomor ITAGI/SR/23/2022 tanggal 24 November 2022 tentang Update Kajian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Masyarakat, disampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua dapat diberikan bagi masyarakat umum.

Zaini memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di Pekanbaru jenis Pfizer dan Indovac. Pihaknya sudah memberi instruksi secara lisan kepada puskesmas untuk memberikan layanan vaksin booster.

"Layanan vaksin booster kedua sudah bisa diakses di puskesmas, selain di mal vaksinasi," ungkapnya.